Sakit, Lokasi Keberadaan Kim Jong-un Kini Misterius

Sakit, Lokasi Keberadaan Kim Jong-un Kini Misterius
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Foto: KCNA / via REUTERS
Editor: Admin Hot News —Rabu, 22 April 2020 15:40 WIB

Terasjabar.id –  Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan menderita sakit kardiovaskular. Namun kondisinya saat ini, termasuk lokasi tempat Kim dirawat masih misterius.

Diberitakan Reuters, media Korut KCNA dan Rodong Sinmun pada Rabu (22/4) tidak menyinggung soal keberadaan Kim Jong-un. Padahal sehari sebelumnya, pemberitaan sakitnya Kim menghiasi tajuk utama di seluruh dunia.

Satu-satunya pemberitaan soal Kim adalah pemberian hadiah ulang tahun untuk tokoh-tokoh penting Korut. Headline pemberitaan KCNA bukan soal sakitnya Kim, tapi soal alat-alat olahraga, panen mulberry, hingga pertemuan di Bangladesh.

Sementara di Rodong Sinmun, headlinenya adalah soal ketahanan ekonomi dan langkah pencegahan virus corona.


Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Foto: KCNA / via REUTERS
Keanehan soal Kim pertama kali terendus setelah dia tidak menghadiri acara penting, yakni ulang tahun kakeknya, Kim Il-sung, sang pendiri negeri, pada 15 April lalu. Para ahli soal Korut mengatakan, kondisi kesehatan Kim Jong-un memburuk.

Daily NK, media online di Korea Selatan, sebelumnya mengatakan Kim telah menjalani operasi kardiovaskular bulan ini. Mereka menuliskan, Kim saat ini menjalani masa pemulihan di villa provinsi Phyongan di utara. Namun tidak ada konfirmasi dari Korut terkait laporan ini.

"Merokok, obesitas, dan kelelahan adalah penyebab langsung penyakit kardiovaskular Kim," tulis Daily NK yang mengutip sumber anonim di Pyongyang.

Bahkan CNN yang mengutip sumber anonim di AS mengatakan Kim dalam kondisi bahaya setelah operasi. Sementara juru bicara Istana Korsel mengaku tidak tahu menahu soal kondisi Kim.

Kim sakit di tengah wabah virus corona yang mendera dunia. Walau sudah lebih 2,5 juta orang menderita COVID-19, namun Korut menegaskan negara mereka bebas corona.

Kim Jong Un, Pyongyang, Korea Utara
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, tiba di Pyongyang, Korea Utara. Foto: KCNA via REUTERS
(Kumparan.com)

Sakit Lokasi Keberadaan Kim Jong-un Kini Misterius Pemimpin Korea Utara


Loading...