Advertisement

Setelah 8 Jam, 14 Mobil Damkar Padamkan Kebakaran Pabrik Tekstil di Batujajar

Setelah 8 Jam, 14 Mobil Damkar Padamkan Kebakaran Pabrik Tekstil di Batujajar
Foto/Dok. Damkar KBB
Editor: Dea Teras KBB —Senin, 20 April 2020 14:32 WIB

Terasjabar.id – Kebakaran hebat melanda pabrik tekstil PT Victory Panmultitex di Jalan Raya Batujajar No 28, Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Api yang mulai terlihat sekitar pukul 20.00 WIB pada Minggu (19/4/2020) baru bisa dipadamkan pada Senin (20/4/2020) dini hari.

Dadang (46), seorang warga sekitar mengaku sedang berada di rumah ketika tiba-tiba mendengar teriakan bahwa ada kebakaran dari petugas SPBU yang tidak jauh dari lokasi pabrik. Dia pun bergegas ke luar rumah dan melihat api sudah membesar. Tidak ada pekerja di pabrik itu karena memang sedang libur. Hanya, ada seorang petugas jaga di belakang pabrik harus yang dievakuasi.

"Kalau penyebabnya kurang tahu pasti. Gak ada korban, karena pekerja sedang libur, hanya ada seorang petugas jaga perusahaan yang harus dievakuasi dari belakang pabrik," tuturnya, Senin (20/4/2020).

Komandan Pleton (Danton) Damkar Bandung Barat, Yadi Supriadi mengatakan mendapatkan laporan sekitar pukul delapan malam. Lima belas menit kemudian, saat tiba di lokasi api sudah membesar. Pihaknya kesulitan dalam memadamkan api karena area yang luas dab banyak bahan yang mudah terbakar.

"Karena ini pabrik tekstil banyak bahan-bahan yang mudah terbakar. Seperti dibagian belakang terdapat gudang bahan kimia untuk mencelup benang, oli, dan bahan lainnya yang mudah terbakar," ucapnya.


Menurut Yadi, dari luas total 11.000 meter persegi, lokasi yang terbakar sekitar 1.100 meter persegi. Kebakaran hebat ini pun sempat merembet ke bangunan sebelah yakni berupa ruang lab kemputer SMK Mahardika. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini tidak ada aktivitas pabrik.

Hingga Senin pagi beberapa titik api masih terlihat sehingga pihaknya masih terus berjaga dan melakukan pendinginan agar api tidak kembali membesar. Soal penyebab kebakaran, Yadi menduga karena da korsleting listrik. Sementara untuk taksiran kerugian belum bisa diketahui karena masih dilakukan inventarisasi oleh petugas termasuk perusahaan.

"Pada proses pemadaman kami juga dibantu oleh Damkar Cimahi 2 unit, Damkar Kota Bandung 1, Kabupaten Bandung 5, dan pihak swasta 1, ditambah kendaraan suplay air 4 tangki. Untuk dari KBB sendiri kami mengerahkan 5 unit kendaraan damkar," sebutnya.

(Sindonews.com)

Setelah 8 Jam 14 Mobil Damkar Padamkan Kebakaran Pabrik Tekstil di Batujajar Kabupaten Bandung Barat KBB


Related Post



Loading...