Kerap Terjadinya Penolakan Pemakaman untuk Pasien Virus Corona yang Meninggal, Pemkot Padang Tetapkan TPU Bungus Jadi Makam Pasien Covid-19

Kerap Terjadinya Penolakan Pemakaman untuk Pasien Virus Corona yang Meninggal, Pemkot Padang Tetapkan TPU Bungus Jadi Makam Pasien Covid-19
(AJNN.net : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 20 April 2020 09:27 WIB

Terasjabar.id – Kerap terjadinya penolakan pemakaman untuk pasien corona virus disease (covid-19) yang meninggal, membuat Pemerintah Kota Padang menetapkan TPU Bungus Teluk Kabung sebagai lokasi khusus pemakaman jenazah virus corona.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menjelaskan dipilihnya TPU Bungus telah sesuai protokol pemakaman jenazah covid-19, yakni dari segi letak terletak 1 kilometer dari permukiman penduduk dan jauh dari sumber air.

"Untuk itu kepada seluruh warga Kota Padang agar jangan cemas terkait pemakaman pasien covid-19 ini. Sebab proses pemakaman ini sudah melewati standar operasional prosedur yang sesuai dengan protokol kesehatan," ujarnya, Minggu 19 April 2020.

Kemudian Pemkot Padang juga telah membentuk Tim Pemakaman Jenazah Covid-19. Tim ini dikoordinasi langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang.

"Langkah yang kita siapkan ini akan semakin memudahkan kita dalam menangani dan mengurus jenazah virus corona ini," terangnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkuangan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon mengatakan tim tersebut terbentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Padang Nomor 175 Tahun 2020.

"Tim ini berjumlah 25 orang yang bertugas melakukan proses penyelenggaraan pemakaman jenazah, termasuk penggali kubur. Hal ini sesuai dengan SOP pemakaman covid-19 dan Fatwa MUI Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengurusan Jenazah Muslim yang Terinfeksi Covid-19," jelasnya.

Mahyeldi menambahkan, tim ini bekerja memakamkan jenazah covid-19 dari luar Kota Padang maupun di Kota Padang. Pemakaman dilakukan terhadap jenazah yang positif corona maupun masih PDP.

"Selain itu, tim ini juga menyelenggarakan pemakaman jenazah pada lokasi sesuai dengan permintaan keluarga," terangnya.

Tim ini pertama kali bekerja pada 16 April. Kala itu terdapat pemakaman jenazah covid-19 yang diantar langsung oleh Wali Kota Padang ke peristirahatan terakhir di kampung halaman Nagari Talu, Talamau, Pasaman Barat.

Kemudian pada Jumat 17 April, tim melakukan pemakaman di tiga lokasi. Lokasi satu dimakamkan di jorong Lubuk Agung Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok.

Lokasi kedua di Lambuang Bukit Kecamatan Pauh. Lokasi ketiga dimakamkan di TPU Bungus Teluk Kabung pada Sabtu 18 April 2020 pemakaman.


Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Pemkot Padang Jenazah Virus Corona


Loading...