WAJIB TAHU ! 5 Keistimewaan Al Fatihah, Surat Paling Agung dalam Al-Qur'an

WAJIB TAHU ! 5 Keistimewaan Al Fatihah, Surat Paling Agung dalam Al-Qur'an
Suara Muhammadiyah
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 18 April 2020 10:40 WIB

Terasjabar.id - Surat Al Fatihah merupakan pembuka dari surat-surat lain dalam Al-Qur’an. Surat Al Fatihah juga menjadi salah satu rukun dalam ibadah sholat, baik wajib maupun sunah. Begitu banyak keistimewaan yang terkandung dalam surat ini.

"Surah Al Fatihah merupakan jenis surah Makiyah atau diturunkan di Makkah," kata Guru Fikih Pondok Pesantren Al Masthuriyah, Ustadz Mumu Mudzakir, Sabtu (18/4/2020).

Lebih lanjut, disebutkan bahwa surat Al Fatihah selalu dibaca berulang-ulang, baik dalam ibadah sholat, pembukaan acara keagamaan, hingga pembacaan ratibul hadad.

Allah SWT berfirman:


وَلَقَدْ ءَاتَيْنَٰكَ سَبْعًا مِّنَ ٱلْمَثَانِى وَٱلْقُرْءَانَ ٱلْعَظِيمَ

Wa laqad ātaināka sab'am minal-maṡānī wal-qur`ānal-'aẓīm

Artinya: "Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Alquran yang agung." (QS. Al Hijr:87).

"Selain cukup mudah dihapal dan sering dibaca, surah Al Fatihah juga memiliki banyak keutamaan serta keistimewaan," ujar Ustadz Mumu Mudzakir.

Berikut ini adalah beberapa keistimewaan Surat Al Fatihah:

1. Paling Agung

Al Fatihah merupakan surat paling agung dalam Al-Qur’an. Pernyataan ini sebagaimana hadits Nabi yang diriwayatkan Sa’ad ibn al Mu’alla berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Aku akan mengajarkan kepadamu surah teragung di dalam Alquran, yaitu Alhamdulillahi rabiil Alamin ia adalah al Sab’ul Matsani dan Alquran al Adzim yang diberikan kepadaku," (HR.Muslim).

2. Setiap huruf surat Al Fatihah mengandung pahala

Ibn Abbas pernah bercerita, ketika Rasulullah SAW bersama Malaikat Jibril. Kemudian tiba-tiba Jibril mendengar suara yang amat keras dari atas, ia pun langsung mengarahkan pandangannya ke atas dan berkata kepada Nabi Muhammad: "Itu pertanda dibukanya suatu pintu di langit yang belum pernah dibuka sebelumnya".

Kemudian Ibn Abbas melanjutkannya. Dari pintu tersebut keluarlah Malaikat menyambangi Nabi, kemudian berkata; "Sampaikanlah berita gembira kepada umatmu mengenai dua cahaya, kedua cahaya itu telah diberikan kepadamu, dan belum pernah sama sekali diberikan kepada Nabi sebelummu, yaitu Surah Al Fatihah dan beberapa ayat terakhir Surah Al Baqarah. Tidaklah kamu baca satu huruf saja membacanya, kecuali akan diberi pahala." (HR. Muslim).

Tonton Dan Subscribe Juga Channel Kami : 


3. Penyempurna sholat

"Surah Al Fatihah juga bagian dari sempurnanya sholat, baik sholat fardhu maupun sunah. Maka dari itu setiap sholat kita selalu membaca Al Fatihah," tutur Ustadz Mumu Mudzakir.

Dari Ubadah bin As-Shamit, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak sah sholat seseorang yang tidak membaca Al Fatihah." (HR. Al Bukhari dan Muslim).

4. Dua pertiga dari Al-Qur’an

Surah Al Fatihah juga dikenal sebagai dua pertiganya Al-Qur’an. Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW, bersabda: "Surah Al Fatihah sama dengan dua pertiga Al-Qur’an." (HR. Abd bin Hamid dalam musnad-nya).

5. Doa untuk orang yang meninggal dunia

"Surah Al Fatihah juga sebagai doa untuk orang yang sudah meninggal dunia. Misalnya, kita akan membaca Surah Yasin dan Tahlilan ditujukan untuk orang yang sudah meninggal, Al Fatihah selalu menjadi pembukanya," kata Ustadz Mumu.

Dari Ibnu Umar mengatakan, Rasulullah SAW. bersabda: "Ketika salah satu kalian ada yang mati maka janganlah kalian menahannya, segeralah kalian membawanya ke makam dan bacakanlah Al Fatihah di samping kepalanya". (HR. Al Baihaqi).

(ful/Okezone)

Alfatihan Keutamaan Al-quran Ramadhan Surata Istimewa


Loading...