Advertisement

19 Pengusaha Obat-Obatan dan Makanan Ilegal Ditangkap BBPOM Semarang

 19 Pengusaha Obat-Obatan dan Makanan Ilegal Ditangkap BBPOM Semarang
Editor: Dea Hot News —Senin, 26 November 2018 16:00 WIB

Terasjabar.id – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang menindak 19 pengusaha nakal yang masih nekat memproduksi dan mengedarkan obat maupun makanan secara ilegal. Mereka beroperasi di sejumlah daerah di Jawa Tengah agar bisa mengeruk keuntungan besar.

“Yang 19 (pelaku usaha-red) ini memang sudah kategori pelaku usaha nakal. Boleh dikatakan penjahat dalam bidang obat dan makanan yang sudah tahu persis itu dilarang, tapi secara sembunyi-sembunyi memproduksi dan mengedarkan. Sudah kita proses hukum,” kata Kepala Balai BPOM Semarang, Safriansyah, Senin (26/11/2018).

Menurutnya, 19 pelaku usaha yang kini menjalani proses hukum itu didominasi pengusaha di bidang obat-obatan tradisional. Petugas langsung bertindak tegas dengan mengamankan pelaku dan menyita sejumlah barang bukti untuk dimusnahkan.

“Yang paling banyak itu 8 di antaranya kasus produksi dan distribusi obat tradisional, kemudian ada 7 kosmetik, obat 2, dan pangan 2. Jadi 19 (pelaku usaha-red). Semua kita lakukan penindakan proses hukum. Selebihnya adalah upaya-upaya pengawasan yang kita masih bisa lakukan pembinaan dan barangnya kita amankan, kita musnahkan,” bebernya.

Selama tahun ini, BBPOM Semarang telah mengamankan barang bukti mencapai hampir Rp6,5 miliar. Barang-barang berbahaya itu di antaranya obat-obatan tradisional, kosmetik, maupun bahan makanan.

“Jadi, kita sampaikan kalau pengawasan yang kita lakukan itu ada 138 sarana (pelaku usaha) yang kita masih lakukan pembinaan. Terhadap produk-produk yang ditemukan kita musnahkan,” tukasnya.

(Sasa/Sumber:Okezone.com)

Pengusaha ilegal Ditangkap BBPOM Semarang


Related Post



Loading...