Laboratorium Sentral Unpad Bisa Periksa Seribu Sampel Covid-19 Per Hari dalam Waktu Dekat

Laboratorium Sentral Unpad Bisa Periksa Seribu Sampel Covid-19 Per Hari dalam Waktu Dekat
Dok HUMAS UNPAD LABORATORIUM Sentral Unpad siap menjadi tempat pemeriksaan sampel Covid-19.
Editor: Malda Hot News —Jumat, 17 April 2020 14:31 WIB

Terasjabar.id - Ketua Satgas Covid-19 Unpad, Med Setiawan, mengatakan Laboratorium Sentral Universitas Padjadjaran (Unpad) telah memiliki sertifikat Biosavety Level 3 (BSL3) sejak 24 Maret. Laboratorium itu segera ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19.

Med Setiawan menyatakan, pemeriksaan di Laboratorium BSL3 Unpad ini akan menambah kapasitas pemeriksaan yang selama ini telah berjalan di RSP Unpad bekerja sama dengan Labkesda Jabar dan ITB.

“Dengan dukungan Lab BSL3 Unpad, ditargetkan sekitar 30 ribu sampel dapat diperiksa dengan kecepatan pemeriksaan sekitar seribu sampel per hari,” ujar Setiawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Setiawan mengatakan, Lab BSL3 adalah laboratorium untuk pekerjaan atau penelitian yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi seperti penelitian virus TB MDR, HIV, dan lainnya termasuk virus corona.

Kepala Laboratorium Sentral Unpad, Prof Unang Supratman, mengatakan, laboratorium sudah siap mendukung layanan pemeriksaan virus corona dalam waktu dekat.

Saat ini, laboratorium yang rampung dibangun pada 2019 ini sedang menyempurnakan persiapan teknis pemeriksaan untuk sampel Covid-19 yang menggunakan realtime polymerase chain reaction (PCR).

Rektor Unpad, Rina Indiastuti, menyatakan, Unpad berkomitmen berkontribusi pada usaha-usaha mempercepat proses berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia.

Lab BSL3 di Unpad ini menjadi salah satu upaya untuk itu. Lab tersebut akan memperkuat kerja sama lintas fakultas di Unpad, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan kementerian-kementerian terkait.

“Kami juga membuka kerja sama dengan teman-teman peneliti dari perguruan tinggi lain yang semuanya sedang berusaha untuk berkontribusi secara nyata dalam melakukan pemeriksaan PCR,” tutur Rina.

Pelaksanaan pemeriksaan lab sampel Covid-19 akan dikerjakan di bawah koordinasi Satuan Tugas Covid-19 Unpad yang diketuai Dekan Fakultas Kedokteran.

Seperti diketahui, pemeriksaan lab untuk sampel Covid-19 dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu rapid test dengan menggunakan sampel darah dan pemeriksaan berbasis PCR dengan sampel sediaan apus/swab tenggorokan.

Berdasarkan standar baku internasional, pemeriksaan PCR dari sampel apus tenggorokan masih menjadi acuan untuk mendiagnosis paparan virus corona. Untuk melakukan hal tersebut, dibutuhkan fasilitas khusus dan salah satunya dipenuhi oleh Lab BSL3. (tribunjabar.id)




Virus Corona Unpad Covid 19 Test


Loading...