Banyak Upaya Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Virus Corona, Konsumsi Olahan Ikan Segar Bisa Kuatkan Imunitas Tubuh

Banyak Upaya Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Virus Corona, Konsumsi Olahan Ikan Segar Bisa Kuatkan Imunitas Tubuh
Ilustrasi (Suara.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 17 April 2020 09:19 WIB

Terasjabar.id – Banyak upaya bisa dilakukan untuk mencegah virus corona baru (Covid-19), salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyarankan masyarakat untuk gemar makan ikan agar terhindar dari virus corona.

Selain mencegah virus corona, ternyata banyak manfaat yang didapat dengan mengonsumsi ikan. Apa sajakah?

Studi menyebutkan bahwa ikan mengandung sumber protein dan vitamin D. Ada juga zat gizi lain, seperti lemak baik, asam lemak omega-3, vitamin A dan lain sebagainya.

Karena itu, ikan selalu dianggap lebih sehat daripada daging sapi atau daging ayam. Manfaatnya baik untuk menjaga kesehatan, khususnya untuk melawan penyakit serius dalam jangka panjang.

Anda perlu tahu lima manfaat makan ikan yang harus dilakukan rutin setiap hari. Berikut ulasannya, dilansir Thehealthsite.

1. Menghilangkan jerawat

Ikan dapat membantu menghilangkan jerawat dari kulit Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BioMed Central, kandungan nutrisi dari ikan juga bermanfaat untuk membersihkan kulit bagi orang-orang dengan jerawat dari kondisi sedang sampai parah.

2. Meningkatkan metabolisme

Studi dari Departemen Kesehatan Manusia dan Ilmu Gizi di University of Guelph menyebutkan, asam lemak omega-3 yang berlimpah dalam ikan, memiliki efek positif pada metabolisme Anda. Lemak sehat itu mampu meningkatkan produksi metabolisme dalam tubuh dan dapat mengoksidasi lemak, khususnya pada wanita yang lebih tua.

3. Meningkatkan imunitas

Makan ikan dapat menjaga imunitas. Karena kaya nutrisi, terutama protein dan zat gizi lainnya, maka ikan dipercaya mampu meningkatkan imunitas. Jika imunitas Anda baik, maka kemungkinan besar dapat terhindar dari penularan virus corona Covid-19.

4. Sumber vitamin D yang luar biasa

Vitamin D bermanfaat untuk penyerapan kalsium bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang. Menurut National Institutes of Health, ikan dianggap sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin D alami untuk mencegah risiko rapuhnya tulang dan menjaga kesehatan kulit, juga meningkatkan imunitas.

5. Meningkatkan fungsi penglihatan

Ikan adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik yang harus dikonsumsi. Otak dan mata harus mendapatkan asupan nutrisi itu agar fungsinya meningkat. Dalam sehari, Anda harus makan ikan segar satu porsi, dipadukan bersama sayuran sebagai sumber serat, Jumat (17/4/2020).

Disadur dari Okezone.com dan iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Coronaa Makanan Sehat Ikan


Loading...