Antiseptik Bisa Cegah Virus Corona COVID-19? Pakar Ungkap Fakta

Antiseptik Bisa Cegah Virus Corona COVID-19? Pakar Ungkap Fakta
Ilustrasi penggunaan antispetik. (shutterstock]
Editor: Admin Teras Health —Kamis, 16 April 2020 16:16 WIB

Terasjabar.id – Antiseptik Bisa Cegah Virus Corona COVID-19? Pakar Ungkap Fakta.

Perkembangan wabah Corona Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami peningkatan.

Hingga Rabu, 15 April 2020, ada 5.136 pasien positif terinfeksi Corona Covid-19. Angka ini diperkirakan terus bertambah.

Masih terus bertambahnya kasus Corona Covid-19, baik di Indonesia maupun di dunia, menjadi alasan WHO mengeluarkan panduan bagi masyarakat untuk mengurangi paparan dan transmisi penyakit atau infeksi melalui personal and respiratory hygiene, yaitu kebersihan diri dan saluran pernapasan, serta keamanan pangan.

Salah satu yang direkomendasikan digunakan dalam kebersihan diri adalah penggunaan antiseptik.

Seperti dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (16/4/2020), Ketua Departemen Laboratorium Mikrobiologi FKUI, dr Anis Kurniawati, Sp.MK mengatakan, bahwa di saat data efektivitas terhadap SARS-CoV-2 masih terbatas, penggunaan antiseptik dengan aktivitas mikrobisidal yang berspektrum luas, seperti Povidone-Iodine dapat mendukung dalam mencegah penyebaran infeksi saat wabah Covid-19.

Gejala dan pencegahan Virus Corona (Coronavirus) Covid-19.
Gejala dan pencegahan Virus Corona (Coronavirus) Covid-19.

Sementara itu, Educator and Trainer Mundipharma, dr. Mery Sulastri, juga mengatakan bahwa The Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology (APIC) dan The US  Centers for Disease Control (CDC) merekomendasikan penggunaan sabun antiseptik untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan organisme dan mengurangi jumlah mikroba lebih lanjut.

Dalam riset secara in vitro menunjukkan indikasi bahwa PVP-I skin cleanser 7,5 persen dan PVP-I Gargle and Mouthwash 1 persen, efektif melawan SARS COV, dan MERS CoV.

”Melihat penelitian secara in vitro yang telah terbukti dari PVP-I, saya yakin metode tersebut efektif untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran virus dari udara tetesan yang mengandung virus dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi," ujar Dr Merry.

Ia juga melanjutkan bahwa metode tersebut juga berpotensi mengurangi viral load Corona Covid-19 pada hidung, nasofaring dan orofaring. Dengan demikian dapat membantu mengurangi infektivitas individu yang terinfeksi di komunitas dan membantu memutus pandemi Corona Covid-19.

”Hidung adalah salah satu jalur utama masuknya penyebab Covid-19. Oleh karena itu, kebersihan saluran pernapasan sangat penting. Untuk kebersihan saluran pernapasan, sebuah riset menunjukkan jika Iota Carrageenan memberikan efek antivirus terhadap sejumlah besar virus yang menyebabkan penyakit penapasan termasuk common cold dan influenza, termasuk human coronavirus.,” urai Dr Mery panjang lebar.

(Suara.com)

Antiseptik Bisa Cegah Virus Corona COVID-19? Pakar Ungkap Fakta


Loading...