6 Syarat dari WHO untuk Negara yang Ingin Cabut Lockdown

6 Syarat dari WHO untuk Negara yang Ingin Cabut Lockdown
Masa Lockdown Wuhan Resmi Berakhir, Warga Boleh Traveling Lagi China juga sudah mulai mencabut lockdown. (Foto ilustrasi: AP)
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 16 April 2020 09:59 WIB

Terasjabar.id 

Beberapa negara tampak mulai meringankan kebijakan karantina wilayah. Presiden Amerika Serikat Donald Trump misalnya berencana untuk segera membuka kembali aktivitas publik agar ekonomi bisa berjalan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melihat fenomena ini dan mengingatkan agar semua negara yang ingin mulai meringankan kebijakan karantina wilayah atau lockdown berhati-hati. Bila upaya pengendalian dicabut terlalu cepat, ada risiko wabah virus Corona COVID-19 bisa kembali.

Dikutip dari NPR, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan minimal ada 6 syarat yang harus dipenuhi bila pemerintah suatu negara ingin membuka kembali wilayahnya:


1. Transmisi penyakit sudah terkendali.

2. Sistem kesehatan mampu mendeteksi, mengetes, mengisolasi, dan melakukan pelacakan kontak terhadap semua kasus positif.

3. Risiko di lokasi hot spot seperti panti jompo bisa diminimalisir.

4. Sekolah, kantor, dan lokasi penting lainnya bisa dan telah menerapkan upaya pencegahan.

5. Risiko kasus impor bisa ditangani.

6. Komunitas masyarakat sudah benar-benar teredukasi, terlibat, dan diperkuat untuk hidup dalam kondisi 'normal' yang baru.



(fds/up/Detik)

Virus Corona WHO Disinfektan Lockdown


Loading...