Pemkot Palembang Sedang Melakukan Penyisiran Masyarakat Miskin Baru Akibat Pandemi Virus Corona

Pemkot Palembang Sedang Melakukan Penyisiran Masyarakat Miskin Baru Akibat Pandemi Virus Corona
(Dunia - RMOL : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 16 April 2020 07:52 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) sedang melakukan penyisiran masyarakat miskin baru di Sumsel. Mereka merupakan orang yang terdampak pelemahan ekonomi akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan, setelah disisir maka nama warga miskin baru akan masuk ke dalam Sistem Informasi Data Kemiskinan sehingga bantuan pemerintah tepat sasaran.

"Saat ini terdapat sekitar 114.000 kepala keluarga miskin berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) Dinsos Palembang. 65.000 di antaranya mendapat alokasi bantuan pemerintah pusat," kata Harrey, Rabu (15/4/2020).

Harrey menambahkan, ada sekitar 49.000 kepala keluarga yang menjadi tanggungan APBD Palembang. Sayangnya, ini belum termasuk data orang miskin baru.

Lebih lanjut Harrey mengatakan, jumlah orang miskin baru dalam tanggungan APBD Palembang diprediksi berkisar 5 persen bahkan bertambah menjadi sekitar 51.500 kartu keluarga. Angka tersebut menurutnya tidak jauh dari perkiraan BPS.

"Namun dinas sosial setempat akan memvalidasi ulang orang miskin baru langsung ke lapangan dengan indikator Kemensos yang menggunakan 36 variabel dari instrumen BDT," kata dia.

Orang miskin baru, kata Harrey, akan didata by name by address untuk memperoleh angka yang detail, sehingga akumulasi data kemiskinan menjadi acuan yang valid dalam menyalurkan berbagai bantuan.

Bantuan yang disalurkan dapat berupa langsung tunai, pangan, ataupun bantuan lain dari berbagai instansi yang diserahkan ke Pemkot Palembang. Bantuan ini termasuk stimulus pemerintah selama pandemi Covid-19 yang diharapkan mengurangi tingkat pengeluaran warga miskin.

"Memang kriteria kemiskinan versi Kemensos banyak, tetapi di satu sisi dalam kondisi saat ini ada banyak masyarakat yang perlu dibantu, sehingga dengan kebijakan stimulus mudah-mudahan meringankan biaya pengeluaran masyarakat di luar bantuan lain," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pemkot Palembang Virus Corona Wabah Virus Corona Pemkot Palembang


Loading...