Polisi Narkoba Kota Bandung dan Ombudsman Bagikan Masker ke Anak Jalanan

Polisi Narkoba Kota Bandung dan Ombudsman Bagikan Masker ke Anak Jalanan
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Selasa, 14 April 2020 13:24 WIB

Terasjabar.id - Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung bersama petugas Ombudsman menyambangi sejumlah anak jalanan yang kerap mangkal di sejumlah perempatan jalan di Kota Bandung, Selasa (14/4/2020).

Salah satunya di perempatan Jembatan Pelangi, Antapani Kota Bandung. Di perempatan itu, kerap mangkal pengamen jalanan maupun anak-anak yang meminta belas kasihan dari pengendara.

Pantauan Tribun, jumlah mereka lebih dari 10 orang. Tiga orang diantaranya masih bocah. Saat polisi narkoba datang mendatangi mereka, anak-anak jalanan itu tampak tarkaget-kaget dan tidak sempat melarikan diri. Akhirnya, mereka dikumpulkan di bawah jembatan. 

Kasat Narkoba Polrestabes Bandung, AKBP Irfan Nurmansyah mengatakan kedatangan polisi menghampiri mereka karena peduli.

"Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap di rumah hindari kerumuman tapi teman-teman ini masih tetap berada di jalanan. Makanya kami datang, minta teman-teman untuk pulang," ujar Irfan. 

Kemudian, sejumlah polisi narkoba membagikan masker hitam pada anak-anak jalanan itu untuk selalu dipakai, sekalipun harus tetap berada di jalanan, mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari.

"Pakai masker jika di luar dan jangan berkerumun. Hari ini, teman-teman pulang, istirahat. Apalagi ada anak-anak kecil," ucapnya. Kemudian, selain membagi masker, polisi memberi uang saku pada anak-anak jalanan tersebut, sebagai pengganti karena tidak harus pulang. 

"Sekarang pulang. Ingat, kalau ada ajakan untuk berbuat anarkis dengan iming-iming uang jangan mau, itu bisa membahayakan," ujar dia. 

Irfan menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meminimalisir penularan virus corona di kalangan anak-anak jalanan yang setiap hari mencari rupiah dengan mengamen atau dengan meminta-minta. 

"Seperti kita ketahui, di tengah pemerintah memberlakukan pembatasan sosial, tapi masih ada teman-teman yang masih bekerja di jalan. Kami peduli, memastikan agar mereka tetap menggunakan masker," katanya. 

Dari Ombudsman, Noer Adhe P menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Satnarkoba Polrestabes Bandung membagikan masker untuk memastikan anjuran pemerintah terkait penanganan virus corona dengan membatasi aktifitas di luar rumah berjalan. 

"Tentunya tujuannya agar anjuran pemerintah ini dijalankan warga sehingga penularan Covid 19 bisa ditekan," ujarnya. 

Andri (26), ā€ˇwarga Kiaracondong, pengamen jalanan di Jembatan Pelangi, mengatakan, selama pandemi virus corona, ia dan tiga temannya tetap mengamen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Karena yang paling memungkinkan cari uang dengan ngamen karena saya dan teman-teman ada keahlian main musik, jadi cari duitnya dengan ngamen," ujar Andri. 

Ditanya soal anjuran pemerintah soal untuk tetap diam di rumah, Andri mengetahuinya. Namun, bagaimanapun, uang harus tetap dicari. 

"Caranya dengan tetap jaga jaga jarak, pakai masker dan sering cuci tangan. Untuk hari ini dibanti polisi narkoba, sangat membantu," kata dia.

(Tribunjabar.id)


Virus Corona Ombudsman Narkoba Antapani Kota Bandung


Loading...