Jelang Ramadan, Ini Kata Pakar tentang Berpuasa selama Pandemi Covid-19

Jelang Ramadan, Ini Kata Pakar tentang Berpuasa selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)
Editor: Admin Life Style —Senin, 13 April 2020 16:40 WIB

Terasjabar.id –  Bagi umat muslim di seluruh dunia, bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu kedatangannya. Namun sayangnya, tahun ini kita semua sedang dilanda musibah dengan adanya pandemi corona Covid-19.

Puasa selama bulan Ramadan termasuk wajib, pengecualian bagi anak-anak, wanita yang sedang hamil, menstruasi, menyusui, serta orang-orang sakit dan bepergian jauh dengan jarak tertentu.

Dilansir dari Middle East Eye, kemungkinan bagi orang-orang yang mengalami gejala corona Covid-19 tidak harus berpuasa selama Ramadan, jika tidak mampu secara fisik.

"Puasa adalah pilar keempat Islam, dan tidak ada yang bisa memaafkan seseorang dari tidak berpuasa kecuali untuk orang sakit yang sedang dalam pengobatan dan puasa mungkin mempersulit kondisi kesehatan mereka," tutur Ali Ahmad Masha'el, Grand Mufti di Dubai Department of Islamic Affairs and Charitable Activities.

Ia melanjutkan, bagi orang yang sehat namun takut akan merasa kesulitan dan kelelahan atau sakit, ia harus tetap melanjutkan puasanya.

Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)
Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

”Jika orang sakit itu sakit parah, tidak boleh baginya berpuasa. Tetapi jika seseorang yang sehat takut akan kesulitan dan kelelahan atau takut sakit, tidak boleh baginya untuk berbuka puasa," sambungnya, dikutip dari Gulf News.

Di sisi lain, studi ilmiah yang dilakukan oleh National Institute on Aging di Inggris menunjukkan puasa intermiten (program diet yang sistemnya sama dengan berpuasa) dapat mengarah pada kondisi peningkatan kondisi kesehatan seperti pada orang dengan obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan gangguan neurologis.

Agar puasa berjalan lancar, salah satu cara menjaganya adalah dengan tetap terhidrasi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk selalu mengonsumsi banyak cairan, termasuk berkumur dengan air hangat untuk menjaga tenggorokan dan saluran pernapasan tetap lembap.

Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)
Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)

Tujuan dari rekomendasi ini adalah agar tubuh tidak dehidrasi, tetapi praktik ini tidak akan mencegah siapa pun dari penularan virus corona.

"Kami selalu memperingatkan siapa pun yang sehat dan orang yang sakit untuk menjaga asupan cairan dan menjaga selaput lendir tetap lembap. Itu membuat seseorang merasa lebih baik; tetapi tidak ada indikasi yang jelas bahwa itu secara langsung melindungi terhadap komplikasi," tutur William Schaffner, seorang ahli penyakit menular di Vanderbilt University.

(Suara.com)

Jelang Ramadan Ini Kata Pakar tentang Berpuasa selama Pandemi Covid-19


Loading...