Alasan Pemerintah Tolak PSBB Sejumlah Wilayah: Salah Satunya Rencana Anggaran

Alasan Pemerintah Tolak PSBB Sejumlah Wilayah: Salah Satunya Rencana Anggaran
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Editor: Admin Hot News —Senin, 13 April 2020 15:45 WIB

Terasjabar.id – Pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh sejumlah daerah untuk memutus penularan virus corona belum disetujui Menkes Terawan Agus Putranto. Mereka adalah Pemkot Sorong (Papua Barat), Pemkot Palangka Raya (Kalimantan Tengah) dan Pemkab Rote Ndao.

Dikutip dari Kumparan.com, alasan PSBB belum disetujui adalah persyaratan belum terpenuhi. Termasuk rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, yang dipimpin Doni Monardo.


"Yang pertama saya jelaskan gugus tugas ini belum ada penolakan tetapi kita meminta untuk melengkapi persyaratan. Karena beberapa daerah persyaratannya itu sangat minimal," kata Doni usai ratas dengan Presiden Jokowi melalui teleconference, Senin (13/4).

Ia menjelaskan, ada yang mengusulkan untuk PSBB tetapi anggaran yang disediakan untuk pelaksanaannya tidak mencukupi. Hal ini mengkhawatirkan bagi rakyat yang secara ekonomi terdampak.

"Tidak sesuai dengan kemungkinan biaya operasional yang harus dikeluarkan. Sehingga diperlukan penyempurnaan dan penambahan beberapa poin terutama menyangkut masalah anggaran dan kesiapan daerah tersebut," jelasnya.

Doni kemudian menjelaskan, ada beberapa wilayah yang pengajuan PSBBnya disetujui. Seperti Jakarta, Bodebek, Tangerang Raya, dan Pekanbaru.

"Nah yang lain sudah ada beberapa usulan. Tidak ditolak tapi kita minta untuk disempurnakan," ungkap dia.

Alasan Pemerintah Tolak PSBB Sejumlah Wilayah: Salah Satunya Rencana Anggaran Covid-19


Loading...