ini yang Dikatakan PVMBG Soal Petir di Sekitar Pos Pantau Gunung Salak, Terkait Dentuman di Bogor dan Jakarta

ini yang Dikatakan PVMBG Soal Petir di Sekitar Pos Pantau Gunung Salak, Terkait Dentuman  di Bogor dan Jakarta
Ilustrasi (TIMES Indonesia : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 12 April 2020 09:41 WIB

Terasjabar.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, mengatakan sempat terjadi dentuman petir di sekitar pos pantau Gunung Salak saat terjadi dentuman di Bogor dan Jakarta pada Sabtu (11/4) dini hari. Namun PVMBG menyebut suara petir itu tidak bisa dikaitkan dengan penyebab dentuman.

"Petugas pos pengamatan gunung api di sana seperti biasa memasukkan laporan umum keadaan cuaca sekitar pos. Dilaporkan cuaca cerah, tidak hujan namun mendengar suara dentuman petir, berarti dari sebelahan wilayah pos, karena kalau di dekat pos mungkin cuaca tidak cerah. Jadi tidak ada laporan spesifik itu dari Gunung Salak," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api dari (PVMBG) Kementerian ESDM, Hendra Gunawan saati dihubungi, Minggu (12/4/2020).

"O bukan (dari aktivitas Gunung Salak), pemberian info petugas pos Gunung Salak hanya laporan untuk keperluan keadaan sekitar pos saja, di wilayah jauh dari pos (apalagi ke Jakarta) sudah bukan kapasitasnya lagi memberi info keadaan di sana," jelas Hendra.Hendra mengatakan suara petir belum bisa dijadikan sebagai sumber dentuman. Dia mengatakan pos pantau hanya melaporkan kejadian di lapangan.

Hendra mengatakan tugas PVMBG hanyalah untuk memantau aktivitas gunung api. Dia menegaskan bahwa aktivitas Gunung Salak pada saat kejadian terpantau pada level normal.

"Ini ada info dari bidang keilmuan lain (karena PVMBG hanya dalam kapasitas bekerja untuk monitoring gunung api saja). Betul, karena aktivitas Gunung Salak level normal," ungkapnya.

Diketahui, dentuman yang terdengar oleh warga Jakarta hingga Kabupaten Bogor pada Sabtu (12/4) dini hari belum kunjung diketahui sumbernya. Dentuman dini hari itu masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.Dentuman itu terdengar dari Jakarta hingga Kabupaten Bogor pada Sabtu (12/4) sekitar pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB. Spekulasi berkembang, dentuman itu berkaitan dengan letusan Gunung Anak Krakatau. Namun spekulasi segera dibantah oleh lembaga yang menangani urusan gunung berapi.

"Saya sudah cek ke Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut)," kata Kepala Bidang Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan, tak lama setelah dentuman-dentuman itu mereda.

Disadur dari Detik.com

PVMBG Gunung Salak Dentuman Petir


Loading...