Usai Erupsi Anak Krakatau, Gempa Getarkan Lebak Sampai Sukabumi

Usai Erupsi Anak Krakatau, Gempa Getarkan Lebak Sampai Sukabumi
ilustrasi gempa. geo.tv
Editor: Admin Hot News —Sabtu, 11 April 2020 16:01 WIB

Terasjabar.id – Gempa tektonik berkekuatan 3,4 Magnitudo menggetarkan wilayah Lebak, Provinsi Banten. Gempa berselang sekitar sepuluh jam setelah peristiwa erupsi Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda.

Dikutip dari Tempo.co, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merekam gempa yang bersumber dari darat pada jarak 41 kilometer arah tenggara Lebak itu terjadi pada Sabtu 11 April 2020 sekitar pukul 07.51 WIB. Gempa tergolong dangkal dengan kedalaman sumber empat kilometer.

“Gempa akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya, lewat keterangan tertulis Sabtu 11 April 2020.

Dampak gempa, berdasarka peta model tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan hingga wilayah Sukabumi. Skala intensitas getarannya berkisar I-II dalam skala MMI atau dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Di Bayah, getaran yang dirasakan berskala intensitas II-III MMI. Getaran ini dirasakan nyata di dalam rumah dan terasa seakan ada truk yang berlalu.

Sejauh ini menurut BMKG belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut. Hasil pemantauan hingga pukul 08:14 WIB pun nihil gempa susulan. BMKG meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya untuk hasil monitoring gempa yang dilakukan tepat pada saat terjadinya erupsi Gunung Anak Krakatau yaitu Jumat pukul 21.58 WIB dan pukul 22.35 WIB menunjukkan bahwa sensor BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik.

Usai Erupsi Anak Krakatau Gempa Getarkan Lebak Sampai Sukabumi BMKG


Loading...