3 Petugas KM Lambelu Positif Corona, Kapal Tersebut Langsung Dicegat Petugas Pelabuhan dan Menjalani Karantina di Pulau Samalona Makassar

3 Petugas KM Lambelu Positif Corona, Kapal Tersebut Langsung Dicegat Petugas Pelabuhan dan Menjalani Karantina di Pulau Samalona Makassar
(iNews/Leo M Nur : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 10 April 2020 14:05 WIB

Terasjabar.id - PT Pelni mengamankan KM Lambelu saat tiba di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebab di dalam kapal tersebut terdapat tiga orang yang terkonfirmasi postif virus corona.

Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyebut ada tiga orang di dalam KM Lambelu yang positif Covid-19. Mereka yakni dua orang ABK dan satu orang dari mitra PT Pelni.

Kapal tersebut langsung dicegat petugas pelabuhan dan menjalani karantina di Pulau Samalona Makassar sejak Rabu (10/4/2020). Nahkoda dan ABK lainnya juga ikut menjalani proses isolasi mandiri di dalam kapal dan mendapat pengawasan dari manajemen Pelni dan otoritas pelabuhan.

"Ini untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PeIni, Yahya Kuncoro, dalam keterangannya di Kota Makassar, Sulsel, Jumat (10/4/2020).

Kemudian, mereka juga menjalani pemeriksaan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan para petugas. Mereka akan melakukan rapid test untuk mencegah penularan wabah virus corona.

Menurut dia, Pelni bekerja sama dengan KKP dan Dinas Kesehatan Makassar untuk proses tes tersebut. Semua petugas yakni ABK dan nahkoda wajib mengikuti rapid test ini.

Adapun jarak antara kapal dan daratan sejauh 2 mil. Nakhoda kapal beserta seluruh ABK telah diinstruksikan untuk tetap berada di atas kapal hingga hasil pemeriksaan kesehatan diterima.

"Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh perusahaan, KM Lambelu kembali disemprotkan dengan cairan disinfektan," kata dia.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Waah Virus Corona KM Lambelu Pelabuhan Makassar


Loading...