Hutang Warga Garut ke Bank Emok alias Rentenir Dilunasi, Ketua BPPD: Ribuan Karyawan Hotel Dibiarkan

Hutang Warga Garut ke Bank Emok alias Rentenir Dilunasi, Ketua BPPD: Ribuan Karyawan Hotel Dibiarkan
Tribun Jabar/Firman Wijaksana Ketua Badan Promosi Pariwisata (BPPD) Garut, Rahmat Hadi.
Editor: Malda Hot News —Jumat, 10 April 2020 10:31 WIB

Terasjabar.id - Kebijakan Bupati Garut, Rudy Gunawan untuk melunasi hutang warga ke rentenir alias bank emok dinilai salah kaprah.

Padahal dana bantuan sebesar Rp 10 miliar itu bisa dipakai kepada warga yang lebih membutuhkan.

Salah satunya untuk ribuan karyawan di tempat wisata yang dirumahkan.

Pasalnya sampai kini, belum ada kejelasan bantuan yang akan diberikan pemerintah.

"Sama saja seperti melegalkan bank emok. Kami yang jelas-jelas usahanya legal dan berbadan hukum tidak diperhatikan. Padahal sangat jelas, dunia wisata Garut sedang sangat kesulitan," ujar Ketua Badan Promosi Pariwisata ( BPPD) Garut, Rahmat Hadi, Jumat (10/4/2020).

Niat pemerintah memang bagus untuk membantu masyarakat. Namun praktiknya juga harus jelas. Apalagi bank emok tak memiliki badan hukum. Pemerintah jadi terkesan mendukung keberadaan bank emok dengan pemberian bantuan tersebut.

"Bisa saja ada yang pura-pura jadi bank emok. Biar bisa dapat Rp 1 juta. Legalitas bank emoknya kan tidak jelas. Jadi celah penyelewengannya sangat besar," katanya.

Pemerintah sudah seharusnya bisa memerhatikan para pelaku wisata di tengah pandemi corona. Dana bantuan itu bisa dialihkan untuk memberi insentid bagi para pekerja pariwisata.

"Kontribusi mereka sudah jelas ke PAD (pendapatan asli daerah). Pelaku wisata sekarang sudah menangis darah dengan kondisi sekarang. Tapi tidak dapat perhatian dari pemerintahnya," ucapnya..

Rahmat berharap, bupati bisa kembali memikirkan kebijakan tersebut. Masih banyak pihak yang lebih membutuhkan saat situasi sulit ini.

"Setelah corona juga harus duduk bersama antara pelaku wisata dan pemerintah. Perbaikan untuk dunia wisata seperti apa. Terutama terkait harga dan diskon. Kalau bisa ada Perbup yang mengaturnya," katanya.

(Tribunjabar.id)


Bank Emok Rentenir BPPD Garut


Loading...