Di Tengah Wabah Virus Corona, Jumlah Pemudik di Gununghalu KBB Terus Bertambah

Di Tengah Wabah Virus Corona, Jumlah Pemudik di Gununghalu KBB Terus Bertambah
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Kamis, 9 April 2020 12:25 WIB

Terasjabar.id - Warga Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang mudik di tengah pandemi Covid-19 setiap harinya terus bertambah.

Bahkan saat ini jumlahnya terdata sudah mencapai 1.071 orang.

Pekan yang lalu, warga yang mudik itu hanya 600 orang. Namun, setiap hari terus bertambah karena mereka sudah tidak bisa bekerja lagi di tempat perantauan semisal Jakarta, Karawang, Tangerang, dan Kota Bandung.

Camat Gununghalu, Hari Mustika, mengatakan data pemudik tersebut berdasarkan laporan dari perangkat desa setelah setiap RT/RW melakukan pendataan terhadap warga yang setiap hari mudik tersebut.

"Jumlahnya saat ini bertambah menjadi 1.071 orang. Kami terus pantau karena kemungkinan jumlah akan terus bertambah," ujar Hari saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Kamis (9/4/2020).

Ia mengatakan, setelah tiba di kampung halamannya, mereka diwajibkan untuk langsung melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Selain itu mereka juga wajib menerapkan physical distancing, meski tidak ada keluhan kesehatan.

Dari jumlah 1.071 orang itu, kata Hari, sekitar 200 orang sudah melewati masa isolasi mandiri dan sudah dinyatakan sehat oleh Puskesmas.

Sehingga, mereka sudah dinyatakan aman dan tidak terindikasi terpapar virus Corona.

"Untuk warga yang merasakan ada keluhan kesehatan setelah mudik kita lakukan rapid test, sejauh ini baru 9 orang karena keterbatasan alat," kata Hari.

Dari sembilan orang yang sudah rapid test itu, kata Hari, semuanya negatif.

Namun, hanya ada satu orang yang positif, itu pun tidak masuk kategori pemudik karena dia bekerja masih di wilayah KBB.

"Kami terus pantau kedatangan pemudik, setiap RW diminta untuk melaporkan. Apabila ada keluhan kesehatan, akan kami upayakan untuk rapid test," ucapnya.

(Tribunjabar.id)

Virus corona Gunung Halu Pemudik KBB


Loading...