Advertisement

Wajib Tahu, 8 Posisi Tidur Baik Ini Dapat Mengobati Berbagai Penyakit

Wajib Tahu, 8 Posisi Tidur Baik Ini Dapat Mengobati Berbagai Penyakit
Editor: S.N.A 0 —Minggu, 25 November 2018 17:10 WIB

Terasjabar.id - Tidur merupakan salah satu sarana istirahat yang paling ditunggu. Namun, banyak orang yang masih merasa lelah meskipun sudah tidur dalam waktu berjam-jam.

Banyak hal yang dapat menyebabkan masalah tersebut. Sebut saja makanan yang tidak sehat, gangguan kesehatan, gangguan psikologis dan masih banyak lagi bisa jadi penyebabnya.


Namun, penyebab utama kondisi tersebut adalah posisi tidur yang salah. Mungkin banyak dari kalian yang tidak mengetahui bahwa posisi tidur akan menentukan kebugaran seseorang saat terbangun. Bahkan posisi tidur juga dapat mengobati berbagai penyakit, lho.



Berikut 7 posisi tidur yang baik dan penyakit yang dapat diatasinya. Simak ulasan lengkap di bawah ini, ya.



1. Tidur Telentang dengan Tubuh Lurus


Tidur Telentang dengan Tubuh Lurus

Posisi tidur yang paling baik adalah tidur terlentang dengan tubuh lurus. Posisi ini sangat baik untuk kesehatan tulang belakang dan tulang leher. Selain itu, posisi terlentang akan memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. kulit area wajah, leher dan dada akan terbebas dari tekanan dan meminimalisir terjadinya kerutan.

Namun, kalian juga harus mengatur posisi bantal. Jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi karena akan membuat leher tertekuk ke depan dan membuat tidur menjadi tidak nyaman serta memicu dengkuran.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan. Bagi yang bertubuh gemuk, posisi tidur terlentang dengan tubuh lurus tidak begitu disarankan. Pasalnya, posisi ini bisa menimbulkan gangguan tidur sleep apnea yakni napas berhenti sejenak saat sedang tidur. Pasokan oksigen ke otak akan terhambat selama tidur membuat tidur kurang berkualitas.

2. Tidur Menyamping dengan Memeluk Bantal di Antara Lutut

Tidur Menyamping dengan Memeluk Bantal di Antara Lutut

Pernah tidur menyamping dengan memeluk bantal erat di antara lutut? Nah, posisi ini sangat baik buat kalian yang memiliki sakit punggung. Selain itu, posisi ini juga dapat memperbaiki posisi tulang karena terlalu banyak berbaring dengan menyamping.

Posisi ini harus dilakukan dengan hati-hati. apalagi untuk kalian yang tengah merasa sakit parah di bagian punggung. Gulingkan tubuh ke arah samping dengan perlahan. Kemudian tekuk lutut hingga condong di depan dan letakkan bantal di antaranya. Jika ada celah antara pinggang dengan kasur, tambahkan bantal kecil untuk mengisinya.

3. Tidur Seperti Janin Dalam Kandungan

Tidur Seperti Janin Dalam Kandungan

Posisi tidur meringkuk seperti janin adalah posisi terbaik bagi para ibu hamil. Pasalnya, posisi ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ibu juga janin dalam kandungan. jika ibu hamil meringkuk ke sisi kiri, maka akan mencegah rahim menekan jantung atau hati. Selain itu, posisi ini juga sangat disarankan bagi kalian yang sering mendengkur saat tidur.

Tidur dengan posisi meringkuk memang jadi favorit sebagian orang. Terlebih pada cuaca dingin, posisi ini membuat tubuh lebih hangat.

4. Tidur Tengkurap dengan Bantal di Bawah Perut

Tidur Tengkurap dengan Bantal di Bawah Perut

Tidur tengkurap dengan bantal di bawah perut sering dianggap sebagai posisi tidur terburuk. Namun, posisi ini sangat baik bagi yang mengalami penyakit cakram degeneratif. Posisi ini akan membantu meningkatkan penyelarasan tulang belakang.

Kalian hanya perlu meletakkan bantal tipis pada bagian perut sembari tidur tengkurap. Jangan lupa untuk membuat posisi senyaman mungkin, ya.

5. Tidur Telentang dengan Tangan Terangkat ke Atas

Tidur Telentang dengan Tangan Terangkat ke Atas

Tidur terlentang dengan tangan yang terangkat ke atas mungkin terlihat "urakan". Namun, tahukah kalian bahwa posisi ini sangat baik untuk kesehatan punggung? Nah selain itu, juga dapat menghindarkan kerutan dan jerawat di wajah, lho.

6. Posisi Tidur yang Sehat Menyamping ke Sebelah Kanan

Posisi Tidur yang Sehat Menyamping ke Sebelah Kanan

Posisi tidur menyamping dapat mencegah naiknya asam lambung. Kondisi tulang belakang yang lurus akan membuat kalian terhindar dari keluhan sakit punggung atau leher. Selain itu, saluran napas akan lebih terbuka sehingga mendengkur bisa diatasi. Posisi ini sangat disarankan bagi yang menderita sleep apnea.

7. Tidur Telentang dengan Posisi Bantal di Bawah Lutut

Tidur Telentang dengan Posisi Bantal di Bawah Lutut

Apa kalian memiliki masalah sakit punggung yang menyiksa? Coba tidur dengan posisi bantal di bawah lutut dan pinggang. Posisi bantal di bawah lutut akan mengembalikan keselarasan alami dari pinggul, panggul dan tulang belakang.

Nah, caranya adalah dengan berbaring lurus di tempat tidur. Kemudian letakkan bantal di bawah lutut dan pinggang kalian. Cari posisi senyaman mungkin agar tidak mengganggu tidur.

(Sari/Sumber:wowkeren.com)

posisi tidur ang baik posisi tidur yang bisa meyenbuhkan berbagai macam penyakit


Related Post


 


Loading...