Kapolri Meminta Anggota Polri Untuk Mendonorkan Darahnya Membantu PMI Ditengah Keterbatasan Stok Darah Akibat Wabah Virus Corona

Kapolri Meminta Anggota Polri Untuk Mendonorkan Darahnya Membantu PMI Ditengah Keterbatasan Stok Darah Akibat Wabah Virus Corona
(iNews.id/Irfan Ma`ruf : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 8 April 2020 12:58 WIB

Terasjabar.id - Anggota Polri diminta mendonorkan darahnya untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) di tengah keterbatasan stok darah akibat wabah corona dan ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD). Instruksi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis Nomor ST/1127/IV/KEP./2020 tertanggal 7 April 2020.

"Benar, ada telegram soal anggota Polri diminta melaksanakan donor darah ke PMI karena ada surat dari PMI minta bantuan donor darah. Hal ini untuk membantu mengatasi kekurangan persediaan darah di PMI," kata Idham Azis dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Kapolri menginstruksikan para kasatker dan kasatwil agar mengimbau para personelnya untuk donor darah. Anggota Polri bisa berkoordinasi dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI di wilayahnya masing-masing. Kapolri juga mengingatkan kegiatan donor darah harus dilakukan dengan menaati protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing demi mencegah dan meminimalisasi penyebaran Covid-19.

"Kasatker dan Kasatwil agar melaporkan setiap kegiatan donor darah yang telah dilaksanakan kepada As SDM Kapolri," ujar Idham.

Surat telegram tersebut ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri mewakili Kapolri. Wabah corona yang masuk ke Indonesia sejak awal Maret 2020 lalu diketahui berimbas pada stok darah di PMI yang semakin berkurang.

Hal itu disebabkan karena jumlah pendonor mandiri yang datang ke PMI berkurang sejak diberlakukan physical distancing. Masyarakat yang rutin mendonorkan darahnya khawatir untuk keluar rumah di tengah pandemi yang meluas.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Donor Darah Anggota Polri PMI


Loading...