Ketua DPR Mengatakan Harus ada Mekanisme yang Menjamin APD Telah Disalurkan dan Sampai di Rumah Sakit yang Membutuhkan

Ketua DPR Mengatakan Harus ada Mekanisme yang Menjamin APD Telah Disalurkan dan Sampai di Rumah Sakit yang Membutuhkan
(Independenal : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 7 April 2020 13:07 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar pemberian bantuan sosial benar-benar tepat sasaran. Ketua DPR, Puan Maharani menilai penyaluran alat perlindungan diri (APD) juga harus dipastikan tepat sasaran.

Puan mengatakan harus ada mekanisme yang menjamin APD telah disalurkan dan sampai di rumah sakit yang membutuhkan. Dan itu menjadi pekerjaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk membentuk sistem informasi yang akurat.

"Kita tidak boleh berasumsi saat APD sudah dikirim akan otomatis tiba di rumah sakit yang membutuhkan. Perlu ada mekanisme untuk memastikannya," kata Puan melalui keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Selasa (7/4/2020).

Menurutnya tugas untuk mengawal proses itu ada di tangan Kementerian Dalam Negeri, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan pemerintah daerah. Selain memastikan lancarnya distribusi, pemerintah pusat dan pemda juga dituntut menyalurkan APD secara cepat.

Oleh sebab itu dia menilai perlu ada pendataan berbasis teknologi real time. Rumah sakit yang membutuhkan pun bisa segera menyampaikan permintaannya dan terdata secara cepat.

"Saya yakin itu dapat dilakukan dengan penggunaan data akurat, penyederhanaan proses pengiriman, dan mekanisme pengawasan dari hulu ke hilir," ucapnya.


Disadur dari iNews.id

Presiden Jokowi Ketua DPR APD Pandemi Virus Corona


Loading...