Kerajaan Arab Saudi Telah Memberlakukan Larangan Keluar Rumah Selama 24 Jam Diperluas ke Sejumlah Kota

Kerajaan Arab Saudi Telah Memberlakukan Larangan Keluar Rumah Selama 24 Jam Diperluas ke Sejumlah Kota
(Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 7 April 2020 08:39 WIB

Terasjabar.id – Kerajaan Arab Saudi telah memberlakukan larangan keluar rumah selama 24 jam di semua wilayah Kota Riyadh, Tabuk, Dammam, Dhahran, dan Hafouf. Kebijakan yang sama juga diterapkan di Kota Jeddah, Taif, Qatif, dan al-Khobar, efektif mulai Senin (6/4/2020) sampai pemberitahuan lebih lanjut.

“Semua akses masuk dan keluar dari kota-kota itu dilarang,” ungkap Saudi Press Agency mengutip sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Senin (6/4/2020).

Pemerintah Arab Saudi sebelumnya telah memberlakukan perluasan jam malam menjadi larangan penuh keluar rumah selama 24 jam di Makkah dan Madinah, efektif sejak Kamis (2/4/2020) pekan lalu.

Setelah penambahan larangan di kota-kota baru itu, pengecualian jam malam masih berlaku bagi mereka yang bekerja di sektor publik dan swasta yang vital seperti polisi, tentara, dan awak media. Mereka yang bekerja di layanan kesehatan juga dikecualikan dari kebijakan pembatasan itu.

Penghuni di semua kota-kota ini dapat meninggalkan rumah mereka hanya karena kebutuhan mutlak seperti membeli makanan dan untuk perawatan medis hanya antara jam 06.00 pagi sampai 15.00 sore. Warga yang keluar harus tetap berada di dalam area perumahan mereka.

Transportasi kendaraan akan dibatasi dalam lingkungan tempat tinggal warga untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Itu pun hanya untuk satu orang selain pengemudi, sehingga itu diharapkan dapat menurunkan kontak dengan orang lain seminimal mungkin.

Kegiatan perdagangan di lingkungan perumahan juga dilarang, kecuali untuk apotek dan toko persediaan makanan, pengisian bahan bakar, layanan perbankan, pekerjaan pemeliharaan, tukang ledeng, teknisi listrik, servis AC, layanan pengiriman air, serta kapal tanker pembuangan limbah .

Kementerian Dalam Negeri meminta semua warga agar pintu keluar rumah hanya boleh dilewati orang dewasa dan itu pun hanya untuk keperluan mendesak. Pembatasan ini penting untuk memastikan bahwa anak-anak tidak terkena penyebab penularan.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Kerajaan Arab Saudi


Loading...