Achmad Yurianto Ungkap 4 Kelompok Orang yang Harus Isolasi Agar Corona Tak Meluas

Achmad Yurianto Ungkap 4 Kelompok Orang yang Harus Isolasi Agar Corona Tak Meluas
(Foto: Wowkeren.com)
Editor: Admin Hot News —Senin, 6 April 2020 16:18 WIB

Terasjabar.id -  Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto membeberkan kriteria siapa saja yang harus melakukan isolasi diri demi menekan penyebaran virus corona. Ia menyebut ada empat kelompok yang wajib melakukan karantina.

Dikutip dari Wowkeren.com, yang pertama adalah pasien yang telah dinyatakan positif dari hasil tes SWAB yang dilakukan. Hal ini memastikan jika individu tersebut bisa menularkan virus ke orang lain.

"Siapa saja yang harus melakukan isolasi? Pertama, individu yang terkonfirmasi sakit (tertular COVID-19) manakala dari pemeriksaan swab kita temukan virusnya," kata Yuri saat konferensi pers di Graha BNPB, Senin (6/4). "Berarti dia sakit, artinya dia pasti menularkan."

Lalu yang kedua adalah kelompok yang mungkin sakit. Mereka ini adalah orang-orang yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 namun bukan melalui tes swab melainkan rapid test.

"Yakni orang yang dari pemeriksaan rapid test itu hasilnya positif," jelas Yuri. "Maka kita katakan mungkin dia sakit. Atau kita yakini dia kemungkinan besar sakit."

Lalu di kategori ketiga adalah orang-orang yang juga mungkin sakit. Namun tidak seperti kategori sebelumnya yang sudah melakukan rapid test, kelompok ketiga ini adalah orang-orang yang mengalami gejala-gejala yang mengarah ke COVID-19.

Yuri menuturkan bahwa keluhan yang umum dirasakan yakni badan demam disertai dengan batuk. Selain itu juga mengalami sesak napas. "Itu kita anggap sebagai orang yang mungkin sakit," katanya.

Lalu kategori keempat adalah individu yang tidak merasakan keluhan tertentu namun sudah terjangkit corona. Meskipun mereka tidak memperlihatkan gejala mengarah ke COVID namun tetap berpotensi menularkan virus itu ke orang lain. "Di dalam kondisi sekarang ini, sebaiknya kita nyatakan sudahlah dia sebaiknya melakukan isolasi diri," tegas Yuri.

Yuri menegaskan bahwa isolasi adalah upaya penting yang harus dilakukan untuk benar-benar menekan penyebaran virus ini. "Manakala mekanisme transformasi penyakit ke sumber ke orang yang sakit ini masih berlangsung terus maka, kita akan tahu penularan akan jalan terus," terang Yuri.

Achmad Yurianto Ungkap 4 Kelompok Orang yang Harus Isolasi Agar Corona Tak Meluas COVID-19


Loading...