KBRI di Hanoi Menerima Bantuan 500 Alat Tes Real Time RT-PCR Untuk Mendeteksi Virus Corona Pemerintah Vietnam

KBRI di Hanoi Menerima Bantuan 500 Alat Tes Real Time RT-PCR Untuk Mendeteksi Virus Corona Pemerintah Vietnam
(Dok KBRI Hanoi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 6 April 2020 13:20 WIB

Terasjabar.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Hanoi menerima bantuan 500 alat tes real time RT-PCR untuk mendeteksi virus corona dari pemerintah Vietnam. Sebanyak 500 test kit itu dikirim ke Kementerian Kesehatan di Indonesia pada 2 April 2020 dari Noi Bai Cargo Terminal.

Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi mengatakan sumbangan 500 alat tes RT-PCR itu merupakan kerja sama antara KBRI di Hanoi, Kedutaan Besar Republik Sosialis Vietnam di Jakarta, dan Kementerian Sains dan Teknologi Vietnam (MoST).

Ibnu menjelaskan alat itu bernama The Light Power IVASARS-CoV-2 1stRT-rPCR kit (VA.A02-055H) yang diproduksi Viet A Corporation, perusahaan Vietnam yang bergerak khusus di bidang biologi molekuler. Dia menjelaskan kelebihan alat ini mampu mendeteksi corona hanya dalam waktu 60 menit.

"Alat ini mampu mendeteksi Covid-19 hanya dengan sampel hasil swab tenggorokanatau saluran pernapasan dengan total waktu pemeriksaan 60 menit," ucapnya melalui keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Senin (6/3/2020).

Selain itu alat ini hanya membutuhkan satu kali pemeriksaan untuk menentukan apakah seseorang terinfeksi corona. Test kit ini dapat digunakan dengan perangkat PCR dan reagen pemisah RNA yang kompatibel sehingga tidak harus membeli PCR baru dari produsen atau distributor.

"Sumbangan ini diberikan pemerintah Vietnam sebagai upaya perluasan deteksi cepat infeksi corona untuk mengendalikan pandemi ini di Indonesia dan Asia Tenggara yang semakin mengkhawatirkan," ujarnya.

Alat yang dibawa menggunakan pesawat maskapai Singapore Airlines telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta kemarin Minggu (5/4/2020) pukul 19.20 WIB. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan langsung mebawa test kit itu ke Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. dr. Sri Oemijati, Jakarta Pusat.

Disadur dari iNews.id

KBRI Virus Corona Wabah Virus Corona Real Time RT-PCR


Loading...