Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera Diguncang Gempa tektonik Berkekuatan Magnitudo 5,0, Tidak Berpotensi Tsunami

Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera Diguncang Gempa tektonik Berkekuatan Magnitudo 5,0, Tidak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi (AyoSemarang.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 6 April 2020 10:26 WIB

Terasjabar.id - Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,0 pada Senin (6/4/2020) pukul 05.42.51 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter awal M5,0 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M4,7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.26 LS dan 102.4 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 106 km arah Barat Daya Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu pada kedalaman 49 km.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lepeng IndoAustralia dan Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," tulis keterangan BMKG.

Guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Liwa, II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Kota Manna, II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

BMKG mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ucapnya.

Disadur dari iNews.id

Gempa Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera Berkekuatan Magnitudo 5 0


Loading...