Bisakah Masker Kain Lindungi Diri dari Corona Covid-19? Ini Kata Ahli!

Bisakah Masker Kain Lindungi Diri dari Corona Covid-19? Ini Kata Ahli!
Ilustrasi orang pakai masker [Shutterstock]
Editor: Admin Teras Health —Sabtu, 4 April 2020 18:09 WIB

Terasjabar.id -  Langkanya persediaan masker medis, membuat sejumlah orang memilih mengenakan masker kain atau masker DIY. Di sisi lain, masker bedah dan masker N95 juga lebih dibutuhkan oleh petugas medis yang berada di garda terdepan untuk melawan pandemi ini.

Di New York City sendiri, para pejabat telah menyarankan masyarakatnya untuk mengenakan masker ketika berpergian ke tempat umum. Cara ini bisa membantu mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Karena itu, orang-orang di New York City mengenakan masker kain untuk melindungi dirinya. Tetapi, apakah masker kain bisa melindungi diri dari virus corona Covid-19?

Kain kaos atau syal memang bisa dimanfaatkan sebagai masker kain, pengganti masker medis bagi masyarakat umum. Masker kain ini cukup aman digunakan karena bisa menutup hidung dan mulut.

Tetapi, masker kain tidak bisa melindungi diri dan mencegah penularan virus corona Covid-19. Berbeda dengan masker bedah dan masker N95 yang memang diperuntukan bagi tim medis dan orang sakit.

Ilustrasi masker antivirus. (Shutterstock)
Ilustrasi masker antivirus. (Shutterstock)

"Masker wajah tidak selalu bisa mencegah seseorang dari virus corona Covid-19. Tapi, masker ini bisa mencegah penyebaran kuman yang kamu miliki," kata Dr. Deborah Spicehandler, wakil ketua penyakit menular di Rumah Sakit Westchester Utara dikutip dari NY Post.

Selain itu, penggunaan masker kain ini bisa membantu seseorang mencegah tangannya menyentuh area wajah, seperti mulut, hidung dan mata. Karena, kebiasaan menyentuh wajah itu bisa menularkan virus jika tangan Anda baru saja menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

"Ingat virus-virus ini bersifat mikroskopis yang bisa menyebar atau menembus sesuatu yang berlubang," jelasnya.

Deborah juga menjelaskan bahwa penggunaan masker kain pun masih bisa menimbulkan bahaya atau menularkan virus ke orang lain. Karena itu, cara penggunaan masker bentuk apapun juga tetap ada aturannya, termasuk masker kain.


Masker yang Direkomendasikan WHO. [Shutterstock]
Masker yang Direkomendasikan WHO. [Shutterstock]

Ketika, Anda mengalami gejala infeksi virus corona Covid-19, seperti batuk dan pilek. Lalu, Anda menggunakan masker kain dan berpergian ke supermarket.

Langkah Anda memakai masker sudah cukup melindungi orang lain, terutama jika Anda membawa ancaman virus itu.

Tapi, Anda perlu melepas masker dan memasukkannya ke kantong plastik setelah keluar dari supermarket. Anda juga bisa langsung mencucinya dan memasukkannya ke mesin pengering setelah pulang.

Meski begitu, Deborah mengingatkan bahwa semua orang jangan terlalu merasa aman hanya dengan penggunaan masker. Semua orang tetap perlu menjaga jarak sosial dan mencuci tangan teratur.



(Suara.com)

Bisakah Masker Kain Lindungi Diri dari Corona Covid-19? Ini Kata Ahli!


Loading...