Sering Disepelekan, 8 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Mata

Sering Disepelekan, 8 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Mata
(Foto: Wowkeren.com)
Editor: Admin Teras Health —Jumat, 3 April 2020 16:48 WIB

Terasjabar.id -  Mata merupakan salah satu organ vital manusia. Mata bekerja keras sebagai indera penglihatan sejak pagi hingga malam menjelang tidur. Karena itulah kesehatan mata sangat penting untuk dijaga agar kita bisa terus menyaksikan keindahan dunia.

Sayangnya ada beberapa kebiasaan sepele yang sering kita lakukan yang ternyata bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan mata. Jika kebiasaan itu terus kita lakukan, buka tidak mungkin jika mata kita akan mengalami kerusakan dan kemampuan penglihatan kita akan berkurang.

Tak ingin hal itu sampai terjadi? Oleh karena itu, sebaiknya simak beberapa kebiasaan buruk yang ternyata bisa merusak kesehatan mata berikut ini. Dengan begitu, kita bisa lebih mawas dan menghindarinya agar kesehatan mata tetap terjaga.


1. Terlalu Banyak Menatap Layar Gadget


Terlalu Banyak Menatap Layar Gadget

Gadget hampir selalu menemani kita kapanpun dan di manapun. Namun banyak berinteraksi dengan layar ponsel, tablet maupun laptop untuk waktu yang lama dapat menyebabkan mata lelah dan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena otot mata akan bekerja ekstra saat menatap layar gadget. Selain itu, sinar biru dari layar gadget dapat menyebabkan degenerasi makula di retina mata. Jika diabaikan, kondisi ini dapat berujung pada kebutaan.

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya gunakan rumus 20-20-20 saat berinteraksi dengan gadget. Setiap 20 menit sekali, arahkan mata ke pandangan yang jauh kurang lebih sekitar 20 meter selama 20 detik. Lakukan metode ini secara rutin agar mata bisa beristirahat.

2. Terlalu Sering Mengucek Mata


Terlalu Sering Mengucek Mata

Saat kotoran masuk ke dalam mata, tangan kita biasanya reflek mengucek. Padahal kebiasaan mengucek mata justru akan membuat kotoran semakin masuk ke dalam yang menyebabkan infeksi pada mata. Selain itu, tangan yang kita gunakan untuk mengucek mata juga belum tentu bersih. Sehingga kuman dan bakteri yang ada di tangan bisa saja berpindah ke mata.

Akibatnya, kita akan mengalami infeksi mata yang ditandai dengan gatal, rasa mengganjal serta mata merah. Dalam kasus yang parah, kebiasaan mengucek mata berisiko membuat kornea robek dan menimbulkan kerapuhan pada komponen mata lainnya. Karena itulah sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk satu ini.

3. Penggunaan Lensa Kontak yang Salah


Penggunaan Lensa Kontak yang Salah

Lensa kontak biasanya digunakan untuk mempercantik penampilan dan membantu fungsi mata minus. Namun penggunaan lensa kontak yang salah justru akan menyebabkan iritasi dan infeksi mata bahkan kebutaan. Oleh karena itu, pengguna lensa kontak sebaiknya berhati-hati jika ingin kesehatan matanya senantiasa terjaga.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama jangan menggunakan lensa kontak saat mandi dan berenang, kedua selalu bersihkan lensa kontak dengan cairan khusus yang steril. Ketiga, jangan lupa untuk melepas lensa kontak saat tidur, keempat jangan simpan lensa kontak di sembarang tempat dan terakhir ganti wadah penyimpanan lensa kontak setiap tiga bulan sekali.

4. Kebiasaan Membaca yang Buruk


Kebiasaan Membaca yang Buruk

Kebiasaan membaca yang buruk juga bisa merusak kesehatan mata. Misalnya jika kamu suka membaca dengan posisi berbaring atau telungkup, otot-otot mata akan menyesuaikan diri dengan kontraksi lebih yang membuatnya bekerja lebih keras. Jika kebiasaan ini terus kamu lakukan, mata akan mengalami kelelahan dan penurunan performa.

Oleh karena itu sebaiknya biasakan membaca dengan posisi duduk, berdiri tegak atau bersandar. Posisikan mata dan buku berjarak sekitar 40 cm. Selain itu, usahakan untuk tidak membaca di ruangan yang redup atau gelap karena bisa membuat mata menegang dan kering yang bisa menyebabkan iritasi.

5. Tidak Menggunakan Kaca Mata Hitam di Luar Ruangan


Tidak Menggunakan Kaca Mata Hitam di Luar Ruangan

Jika kamu sering melakukan kegiatan di luar rumah, sebaiknya selalu gunakan kacamata hitam untuk menangkal sinar UV dari matahari. Apalagi ketika cuaca sedang sangat terik. Pasalnya paparan sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah mata seperti katarak, degenerasi makula hingga pterigium.

Namun perlu diperhatikan jika kacamata hitam saja tidaklah cukup. Sebaiknya cari kacamata hitam yang mampu menangkal sinar UV hingga 99-100 persen agar kesehatan mata lebih terlindung.

6. Penggunaan Makeup yang Tidak Tepat


Penggunaan Makeup yang Tidak Tepat

Makeup digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah, termasuk mata. Namun perlu diingat bahwa mata adalah organ yang cukup sensitif sehingga kamu harus berhati-hati saat menggunakan makeup di sekitar mata seperti maskara, eyeliner, eyeshadow dan krim mata. Karena itu, pastikan untuk tidak merias bagian wajah yang berada di dekat garis bulu mata. Hal ini diperlukan agar produk riasan tidak menghalangi kelenjar minyak yang bisa menyebabkan infeksi pada mata.

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan makeup sebelum tidur hingga benar-benar bersih. Jika tidak, serpihan maskara, eyeliner atau eyeshadow bisa jatuh ke dalam mata yang dapat menyebabkan iritasi. Dan juga, sebaiknya buang produk riasan mata setelah tiga bulan. Hal ini diperlukan untuk menghindari bakteri yang mungkin tumbuh dan berkembang biak di produk kosmetik yang kamu miliki.

7. Ketergantungan Obat Tetes Mata


Ketergantungan Obat Tetes Mata

Banyak orang yang mengandalkan obat tetes untuk mengatasi mata merah. Namun terlalu sering menggunakan obat tetes justru dapat mengiritasi mata. Obat tetes mata bekerja dengan mempersempit pembuluh darah. Namun jika terlalu sering digunakan, obat tetes malah akan menyebabkan kemerahan pada mata.

Jika kamu menggunakan obat tetes yang diresepkan, selalu ingat untuk menggunakannya sesuai dengan instruksi dari dokter. Jika obat itu malah menyebabkan iritasi, ruam maupun efek samping lainnya, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter yang bersangkutan.

8. Kurang Tidur


Kurang Tidur

Terlalu sering begadang dan kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya adalah masalah pada kesehatan mata, seperti mata kering, nyeri, berkedut hingga pandangan kabur. Jika kamu mengalami berbagai gejala ini atau mata menjadi merah dan sakit, sebaiknya disiplinkan lagi waktu tidurmu. Usahakan untuk tidur malam selama 7-8 jam setiap hari agar kesehatan mata selalu terjaga.

Demikian delapan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan mata yang telah dirangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan buruk yang ternyata bisa mengganggu kesehatan mental.

(Wowkeren.com)

Sering Disepelekan 8 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Mata


Loading...