Akibat Mewabahnya Virus Corona, Liga Belgia Menjadi Kompetisi Eropa yang Memutuskan Menyelesaikan Musim, ini Klub yang Juara

Akibat Mewabahnya Virus Corona, Liga Belgia Menjadi Kompetisi Eropa yang Memutuskan Menyelesaikan Musim, ini Klub yang Juara
(The Celtic Star : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 3 April 2020 09:35 WIB

Terasjabar.id - Liga Belgia menjadi kompetisi Eropa pertama yang memutuskan menyelesaikan musim di tengah krisis Virus Corona. Hasilnya, Club Brugge dinyatakan sebagai juara musim 2019-2020.

Wacana tersebut tersebut merupakan buah pembicaraan antara operator liga dan klub peserta divisi utama Liga pada Kamis (2/4/2020) kemarin. Pengesahan keputusan tersebut akan dilakukan dalam rapat operator liga dengan Federasi Sepak Bola Belgia pada 15 April mendatang.

16 klub divisi utama Liga Belgia setuju untuk mengakhiri musim 2019-2020 yang cuma menyisakan satu laga. Dengan demikian, Club Brugge bakal dinyatakan sebagai juara karena poin mereka mustahil disusul pesaing terdekatnya. Klub asuhan Phillipe Clement mengemas 70 poin unggul 15 angka dari pesaing terdekatnya Gent.

“Kesehatan para pemain dan semua yang terlibat lebih penting ketimbang kelanjutan kompetisi. Selain itu, kemungkinan tertularnya pemain atau anggota tim inti lainnya juga mempengaruhi hasil kompetisi yang tidak biasa ini. Meski secara teori pertandingan bisa dilanjutkan tanpa penonton, tekanan mengenai kesehatan pemain harus dihindari,” bunyi pernyataan di laman resmi Liga Belgia.


Pihak Liga Belgia menilai sulit untuk bisa mengakhiri musim sebelum 30 Juni. Pasalnya, jika tetap memaksakan merampungkan kompetisi musim ini akan mengganggu persiapan untuk musim berikutnya.

Dengan menghentikan kompetisi lebih awal, Liga Belgia berharap bisa menghindari sejumlah masalah di masa depan. Salah satunya perkara finansial yang menghantui.

Sementara untuk pembagian jatah klub yang ke Liga Europa, empat tim pertama pun kini secara otomatis ke babak play-off. Biasanya, hanya juara Liga Belgia yang ke play-off Liga Europa, sedangkan sembilan tim sisa memperebutkan tiga slot lainnya.


Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Club Brugge Liga Belgia


Loading...