Pelaksanaan Pilkada Serentak Diusulkan Ditunda hingga 6 Bulan, Mencegah Penyebaran Virus Corona

Pelaksanaan Pilkada Serentak Diusulkan Ditunda hingga 6 Bulan, Mencegah Penyebaran Virus Corona
(LBH Jakarta : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 3 April 2020 09:12 WIB

Terasjabar.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menunda pelaksanaan Pilkada Serentak karena pandemi virus corona atau Covid-19. PKB menyebut langkah tersebut dinilai tepat dan selaras dengan semangat gerakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kami mendukung untuk hal itu, dan idealnya ditunda hingga 6 bulan mendatang," kata Ketua DPP PKB, Achmad Iman, Jumat (3/4/2020).

Adapun mengenai apakah akan ada perubahan pasangan calon yang diusung. Achmad menuturkan hal itu akan dikembalikan kepada kebijakan parpolnya.

"Kalau penetapan pasaangan calon tergantung parpol. bagaimana kebijakan partai untuk mekanisme nya. Tapi umumnya krn proses pilkada ditunda umumnya partai politik melakukan penyesuaian kembali," ujarnya.


Sementara itu, terkait dana hibah yang diberikan oleh Pemda yang sedang menggelar Pilkada akan dialokasikan untuk penanganan virus corona yang menjangkit di setiap daerah di Indonesia, PKB kembali menyerahkan kepada DPR RI untuk memutuskanya.

"Untuk dana hibah belum ada peraturan yang membahas soal itu. Komisi II,K PU dan Mendagri masih menyepekati soal penundaan tahapan pilkada, komisi II memberikan pandangan untuk antisipasi anggaran pilkada untuk di 2021," tutupnya.

Sebelumnya, jumlah pasien positif virus Corona bertambah menjadi 1.790 orang. Data tersebut diambil pukul 12.00 WIB, Kamis (2/4/2020).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, penambahan kasus pasien positif tercatat ada 113 orang dan sembuh sebanyak 112 orang.

"Ada penambahan kasus konfirmasi positif yang baru sebanyak 113 orang sehingga rotal 1.790 kasus positif akumulatif," katanya dalam keterangan pers di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona PKB KPU Pilkada


Loading...