Supermoon Terbesar Tahun Ini Akan Muncul pada 7 April

Supermoon Terbesar Tahun Ini Akan Muncul pada 7 April
Bulan purnama Supermoon Salju terbenam di cakrawala saat fajar di Ronda, Spanyol selatan, Ahad pagi, 9 Februari 2020. REUTERS/Jon Nazca
Editor: Admin Teras Techno —Kamis, 2 April 2020 18:16 WIB

Terasjabar.id -  Supermoon terbesar dan paling terang tahun ini akan berlangsung pada bulan April. Supermoon merah muda, kadang-kadang disebut bulan purnama Paskah, akan berlangsung pada 7 April, mengisi langit malam dengan cerah dan bercahaya untuk musim semi.

Nama supermoon ini berasal dari kata Yunani untuk 'passover', dipilih karena supermoon merah muda adalah bulan purnama pertama yang terjadi setelah Spring Equinox, yang terjadi pada 20 Maret.

Meskipun disebut supermoon merah muda, cahaya bulan sebenarnya tidak akan menjadi merah muda.

Label 'merah muda' dipilih sebagian sebagai referensi ke jenis bunga liar asli Amerika Utara yang disebut 'phlox subulata' yang memiliki rona merah muda yang jelas dan merupakan tanda umum musim semi, menurut laporan di Newsweek.

Supermoon biasanya hanya terjadi setahun sekali, ketika bulan purnama bertepatan dengan bulan yang juga berada di titik orbit terdekat dengan Bumi, yang disebut perigee.

Dibandingkan dengan bulan purnama standar, supermoon dapat muncul antara tujuh dan 14 persen lebih besar dan hingga 30 persen lebih terang.

Supermoon relatif jarang karena jalur orbit bulan di sekitar Bumi berbentuk bulat panjang dan bukan bundar, artinya bulan purnama jarang terjadi ketika bulan juga berada pada perigee.

Sebaliknya, sebagian besar bulan purnama terjadi ketika bulan lebih jauh dari Bumi, membuatnya tampak lebih redup dan tidak sebesar yang terjadi selama supermoon.

Menurut Tania de Sales Marques dari Royal Observatory, supermoon merah muda akan mencapai puncaknya pada Selasa, 7 April pukul 10.35 PM EDT atau Rabu, 8 April, 9.35 AM WIB.

"Hal terbaik untuk dilakukan adalah menunggu sampai setelah matahari terbenam dan langit gelap, temukan pemandangan langit yang tidak terhalang, dan cuaca memungkinkan Anda untuk melihat bulan yang sedikit lebih terang daripada bulan purnama yang biasa," kata de Sales Marques kepada Newsweek.

"Dan jika Anda berpikir untuk mengambil gambar untuk menandai kesempatan itu, ketahuilah bahwa Anda akan membutuhkan peralatan yang layak, seperti kamera dengan lensa telefoto yang panjang, karena bulan yang ditangkap pada telepon akan terlihat lebih seperti gumpalan."

(Tempo.co)

Supermoon Terbesar Tahun Ini Akan Muncul pada 7 April


Loading...