6,4 Juta Pelanggan PLN di Jabar Dapat Keringanan Tagihan

6,4 Juta Pelanggan PLN di Jabar Dapat Keringanan Tagihan
Foto/dok.SINDOnews
Editor: Admin Hot News —Kamis, 2 April 2020 14:03 WIB

Terasjabar.id -  Sekitar 6,4 juta pelanggan PLN di Jawa Barat bakal mendapatkan keringanan tagihan listrik. Keringanan ini diberikan sebagai tindaklanj kebijakan pemerintah untuk menanggulangi dampak pandemi virus corona.

Dari sekitar 6,4 juta tersebut, sebanyak 5,4 juta merupakan pelanggan rumah tangga daya 450 volt ampere (VA), sedangkan sisanya pelanggan rumah tangga daya 900 VA. Sebagaimana dinyatakan Presiden Joko Widodo, pelanggan dengan daya 450 VA dibebaskan dari tagihan. Sementara pelanggan 900 watt diberi potongan 50%. Kebijakan ini berlaku selama tiga bulan, yaitu untuk April, Mei, dan Juni 2020.

“PLN langsung menyiapkan pelaksanaan teknis atas kebijakan Bapak Presiden. Pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi di PLN ada dua jenis, yakni yang memakai kWh meter pascabayar dan  prabayar atau menggunakan token. Untuk yang pascabayar, tidak ada masalah karena pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran,” ujar Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini. 

Menurut Zulkifli, untuk pelanggan prabayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir. Soal nasib pelanggan prabayar yang terlanjur membeli token listrik, token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan.
"Saat ini ada  sekitar 24 juta data pelanggan 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. Mekanismenya kami buat yang paling mudah dan mungkin, sehingga tidak menyulitkan pelanggan," katanya.

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut dimaksudkan untuk melindungi masyakarat yang paling terdampak pandemi. "Harapan kami, ini bisa  meringankan ekonomi untuk masyarakat ditengah menghadapi pandemi virus covid-19"pungkas Zulkifli.

(Sindonews.com)

6 4 Juta Pelanggan PLN di Jabar Dapat Keringanan Tagihan Tagihan Listrik Covid-19


Loading...