Jokowi Minta Skenario Mudik Disiapkan: Perhatikan dari Hulu ke Hilir

Jokowi Minta Skenario Mudik Disiapkan: Perhatikan dari Hulu ke Hilir
Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 2 April 2020 10:18 WIB

Terasjabar.id - 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kementerian atau sektor terkait mempersiapkan skenario mudik tahun ini. Dia mengatakan agar skenario itu dibuat secara komprehensif dengan mempertimbangkan segala aspek dari hulu ke hilir.

"Kemudian mengenai arus mudik saya minta disiapkan skenario yang komprehensif, jangan sepotong-sepotong atau satu aspek saja atau sifatnya sektoral, atau kepentingan daerah saja tetapi dilihat secara utuh baik dari hulu di tengah dan hilir," kata Jokowi saat membuka ratas di Istana Bogor yang disiarkan melalui akun YouTube Setneg, Kamis (2/4/2020).


Menurut Jokowi perlunya ada pengganti hari libur nasional di lain hari. Hal itu menurutnya penting untuk menenangkan masyarakat di tengah pandemi virus Corona.

"Saya melihat ini mungkin untuk mudik dalam rangka menenangkan masyarakat, mungkin alternatif mengganti libur nasional di lain hari untuk hari raya ini mungkin bisa dibicarakan," ujarnya.


"Kemudian yang kedua memberikan fasilitas arus mudik pada hari pengganti tersebut. Kemudian juga bisa di kemudian hari menggratiskan tempat wisata yang dimiliki oleh daerah, saya kira kalau skenario tersebut dilakukan, kita bisa memberikan sedikit ketenangan masyarakat," katanya.Jokowi juga mengusulkan agar diberikan fasilitas mudik gratis di hari pengganti tersebut. Kemudian juga menggratiskan tempat wisata di daerah.

(eva/hri/Detik)

Virus Corona Mudik jokowi Skenario


Loading...