Bila Sepeda Motor Anda Sudah Lama Tidak Dipakai ini yang Harus Diperhatikan

Bila Sepeda Motor Anda Sudah Lama Tidak Dipakai ini yang Harus Diperhatikan
Ilustrasi (Medcom.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 1 April 2020 09:37 WIB

Terasjabar.id - Sepeda motor tidak dipakai lama karena sedang menjalani work from home (WFH) atau alasan lainnya bukan berarti tidak memerlukan perawatan. Perhatikan kondisi kendaraan secara berkala agar performa sepeda motor tetap terjaga.

Bagaimana perawatannya? Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan performa terbaik sepeda motor tidak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi, tapi juga perawatan dilakukan sendiri.

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan khusus saat tak dipakai dalam jangka waktu lama yang dikhawatirkan memengaruhi kinerja,” ujar Endro.

Endro pun membagikan tips menjaga sepeda motor yang tidak dipakai dalam waktu lama, sebagai berikut:

1. Cuci Motor

Jika sudah ada rencana motor tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya dicuci terlebih dahulu. 

”Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” jelas Endro.

2. Beri Pelumas

Berikan pelumas pada bagian kendaraan yang berpotensi karat. Misalnya, rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

3. Standar Tengah

Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah saat memanaskan mesin.

4. Panaskan Mesin

Saat sepeda motor tidak dipakai lama, jangan lupa memanaskan mesin sampai suhu engine antara 80-100 derajat celcius selama 3-4 menit. Dilakukan setiap hari lebih baik.

”Tujuan memanaskan motor agar sirkulasi oli di mesin lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup,” terang Endro.

5. Perhatikan Rongga di Motor

Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus/ular). Lakukan pengecekan saat memanasi mesin.

Melalui langkah tersebut, sepeda motor yang lama tak terpakai diharapkan tetap terjaga performa dan kenyamanannya, sehingga saat akan digunakan bekerja optimal.

Disadur dari iNews.id

Virus Korona PT Astra Honda Motor (AHM) Sepeda Motor


Loading...