Pasien Meninggal Dunia Diduga Terpapar Virus Korona Akan Dimakamkan di Lokasi Khusus Wilayah Sudiang, Disiapkan Karena Selalu ada Penolakan

Pasien Meninggal Dunia Diduga Terpapar Virus Korona Akan Dimakamkan di Lokasi Khusus Wilayah Sudiang, Disiapkan Karena Selalu ada Penolakan
(Lampung Post : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 1 April 2020 08:23 WIB

Terasjabar.id - Pasien meninggal dunia diduga terpapar virus corona akan dimakamkan di lokasi khusus wilayah Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Area ini disiapkan karena selalu ada penolakan dari warga saat penguburan pasien Covid-19.

Kasus pertama terjadi di Kabupaten Gowa, Minggu (28/3/2020) lalu dan baru-baru ini jenazah mantan anggota DPRD yang juga ditolak warga saat akan dimakamkan di wilayah Antang Makassar, Selasa (31/3/2020) kemarin.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Husni Thamrin mengatakan, sudah berkordinasi dengan Dinas Sosial untuk menyiapkan lahan khusus di pemakaman Sudiang.

"Tadi sudah disampaikan salah satu tempat penguburan ada di Sudiang. Mudah-mudahan besok sudah memulai operasional, seluruh yang meninggal akan dikebumikan di sana," kata Husni di Kota Makassar, Sulsel, Selasa (31/3/2020).

Dia mengimbau agar masyarakat di sekitar area pemakaman tidak lagi menolak jenazah Covid-19. Sebab sebelum dibawa ke pemakaman, kondisi jenazaj sudah steril dan tidak akan menularkan virus seperti yang dikhawatirkan warga.

"Sudah disemprot, sudah dibungkus plastik, setelah itu baru dimasukkan dalam peti. Lalu peti juga dilem sebelum dipaku, jadi tidak ada yang perlu ditakutkan," ujar dia.

Justru yang dikhawatirkan bila pasien diduga terpapar Covid-19 tidak mendapat penanganan rumah sakit. Lalu meninggal dunia dan jasadnya tidak diperlakukan layaknya pasien positif Covid-19.

Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Pemakaman Kota Makssar


Loading...