Advertisement

Bupati Majalengka Akan Melakukan Antisipasi Pencegahan Virus Korona, 5.200 Orang Diprediksi Mudik ke Majalengka, Bupati Minta Pemudik Wajib Lapor Kepada Kepala Desa

Bupati Majalengka Akan Melakukan Antisipasi Pencegahan Virus Korona, 5.200 Orang Diprediksi Mudik ke Majalengka, Bupati Minta Pemudik Wajib Lapor Kepada Kepala Desa
(SINDOnews/Dok : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 31 Maret 2020 12:11 WIB

Terasjabar.id - Bupati Majalengka Karna Sobahi akan melakukan antisipasi pencegahan virus corona (Covid-19) saat mudik lebaran tahun 2020. Sebab 5.200 orang diprediksi akan mudik ke Kabupaten Majalengka.

"Hasil kajian saya dengan gugus tugas pencegahan Covid-19, perantau yang akan mudik sampai dengan menjelang Ramadan dan Lebaran diperkirakan kurang lebih mencapai 5.200 orang," kata Karna, Selasa (31/3/2020).

Karna meminta para pendatang atau pemudik untuk melapor ke kepala desa setempat. Para pemudik juga diminta untuk isolasi diri di rumah selama 14 hari.

"Di sana (desa) mereka akan diberi penjelasan, penyemprotan, dan penyuluhan. Selanjutnya mereka akan diminta isolasi diri selama 14 hari. Bagi pendatang yang merasakan indikasi panas, batuk dan sesak napas diminta untuk ke Puskesmas, nanti segera ditindaklanjuti, apakah dirujuk atau cukup istirahat di rumah," kata Karna.

Karna menegaskan, program tersebut tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Peran serta dari semua kalangan, jelas Karna, jadi modal besar agar langkah-langkah tersebut bisa berjalan dengan baik.

"Kondisi ini akan berjalan dan terkendali secara efektif, manakala semua pihak dan kalangan proaktif, gotong royong, membentuk posko dari mulai tingkat kabupaten, kecamatan, desa, RW/RT, kelompok pemuda, ormas keagamaan atau kemasyarakatan," ucap dia.

Meski sudah dilarang tidak mudik ke kampung halamannya, Karna mengatakan tradisi pulang kampung saat lebaran tidak bisa dihilangkan.

"Mencegah mudik tidaklah mudah, variabelnya sangat kompleks, menyangkut multi kepentingan. Oleh karena itu upanya pengendalian dan koordinasi sangat penting. Saya imbau kepada para pendatang untuk betul-betul menahan diri untuk berada di rumah," ujar dia.


Disadur dari iNews.id

Bupati Majalengka Virus Korona Wabah Virus Korona Pemudik


Related Post



Loading...