Penyebarangan Penumpang dari Sumatera Selatan Ke Bangka Belitung Dihentikan Sementara Selama Dua Pekan, Mencegah Penyebaran Virus Korona

Penyebarangan Penumpang dari Sumatera Selatan Ke Bangka Belitung Dihentikan Sementara Selama Dua Pekan, Mencegah Penyebaran Virus Korona
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 31 Maret 2020 11:13 WIB

Terasjabar.id - Penyeberangan penumpang dari Sumatera Selatan (Sumsel) ke Bangka Belitung dihentikan selama dua pekan. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Divisi Operasional Pelabuan Tanjung Api-Api, Tagar Gaus mengatakan, penghentian sementara layanan penyeberangan bagi penumpang ini sudah diberlakukan sejak Minggu (29/3/2020).

"Penyeberangan saat ini hanya diperuntukan bagi kendaraan pembawa logistik seperti alat kesehatan dan obat-obatan, sembako, bahan bakar, dan beberapa kebutuhan penting lainnya," kata Tagar, Selasa (31/3/2020).

Tagar menambahkan, Pelabuhan Tanjung Api-Api juga membatasi jumlah lalu lintas kapal feri dari dan menuju Pelabuhan Muntok, Bangka.

"Sebelumnya terdapat tujuh kapal per hari, kini menjadi lima kapal, dengan jam operasional pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB," kata dia.

Meski begitu, lanjut Tagar, terdapat dispensasi kepada penumpang yang ingin menyeberang, namun hal itu dilakukan secara selektif, seperti jika ada penumpang ingin menyeberang ke Bangka karena ada keluarga yang meninggal atau urusan yang dinilai darurat lainnya.

"Penumpang tersebut harus melalui prosedur pemeriksaan kesehatan dari petugas di pelabuhan. Jika dinyatakan sehat, maka baru dipersilakan menyeberang," kata dia.

Sementara itu, Kepala Pos Penyeberangan Pelabuhan Tanjung Api-Api Zulkarnain menambahkan pemeriksaan kesehatan itu juga berlaku bagi supir maupun kernet kendaraan pengangkut logistik yang menyeberang.

"Jika petugas menemukan penumpang yang mengalami sakit dengan kriteria yang telah ditentukan, maka akan langsung ditindaklanjuti sesuai dengan SOP dalam penanganan kasus virus corona," kata dia.

Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Penyebarangan Sumatera Selatan Bangka Belitung


Loading...