Gubernur Jawa Tengah Memastikan Telah Merealokasi Anggaran Untuk Penanganan Virus Korona, Sesuai Perintah Presiden Jokowi Saat Rapat Koordinasi

Gubernur Jawa Tengah Memastikan Telah Merealokasi Anggaran Untuk Penanganan Virus Korona, Sesuai Perintah Presiden Jokowi Saat Rapat Koordinasi
(Dok Humas Pemprov Jateng : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 31 Maret 2020 10:31 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memastikan telah merealokasi anggaran untuk penanganan Covid-19. Hal itu sesuai perintah Presiden Joko Widodo saat rapat koordinasi dengan sejumlah kepala daerah pada Senin (30/3/2020). .

Dalam rapat terbatas melalui video conference terlihat sejumlah menteri dan kepala daerah seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Kepada Jokowi, Ganjar menegaskan, Jateng sudah melakukan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19. Anggaran sebanyak Rp1,4 triliun sudah disiapkan dan akan digunakan sebagai jaring pengaman sosial dan ekonomi.

“Kami sudah lakukan realokasi anggaran. Sudah kami hitung dan sudah kami siapkan Rp1,4 triliun untuk kebutuhan ini,” kata Ganjar kepada presiden dikutip situs resmi Pemprov Jateng, Selasa (31/3/2020).

Ganjar menuturkan, anggaran tersebut kemungkinan akan bertambah dengan adanya realokasi anggaran dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Ganjar sudah meminta seluruh bupati/wali kota untuk menghitung betul anggaran-anggaran yang bisa disisihkan, dan digunakan untuk penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing.

“Salah satunya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Beberapa anggaran yang bisa dipangkas, juga saya minta untuk dipangkas. Masing-masing kabupaten/kota memiliki anggaran itu cukup besar dan bisa digunakan untuk keperluan ini,” ucapnya.

Ganjar menerangkan, anggaran tersebut nantinya dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Setidaknya ada 1,8 juta warga miskin di Jateng yang belum masuk dalam data kemiskinan dan belum mendapat fasilitas dari negara.

“Kami juga siap membantu warga Jateng yang saat ini ada di Jakarta, apabila nanti Jakarta dilakukan karantina wilayah,” katanya.

Jokowi pun mengapresiasi kecepatan Ganjar dalam merelokasi dan realokasi anggaran. Dia meminta kepada kepala daerah lain di Indonesia untuk melakukan hal serupa.

“Daerah lain tolong segera lakukan relokasi dan realokasi anggaran seperti Jawa Tengah. Biar kita siap untuk mengambil kebijakan selanjutnya,” katanya.

Jokowi mengingatkan, persoalan Covid-19 bukan hanya persoalan kesehatan. Dampak sosial dan ekonomi harus benar-benar diperhatikan akibat bencana ini.

“Tukang ojek, pedagang kaki lima dan pekerja informal lainnya harus benar-benar aman. Gunakan anggaran-anggaran itu untuk jaring keamanan sosial mereka-mereka yang terdampak,” ujar Jokowi.

Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Gubernur Jawa Tengah Presiden Jokowi


Loading...