Advertisement

Banjir Bandang Terjang Underpass Padalarang, Ratusan Rumah Terendam

Banjir Bandang Terjang Underpass Padalarang, Ratusan Rumah Terendam
Foto/Dok.BPBD KBB
Editor: Dea Teras KBB —Senin, 30 Maret 2020 19:08 WIB

Terasjabar.id -  Hujan deras selama satu jam lebih memicu banjir bandang di Kecamatan Ngamprah dan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Akibatnya, kawasan Underpass Padalarang yang berdekatan dengan lokasi proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kembali terendam banjir.


"Hujan deras pada Minggu sore sempat menyebabkan banjir bandang di sekitar Underpass Padalarang dari pukul 17.00 WIB sampai 18.30 WIB," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo, Senin (30/3/2020).

Menurut dia, intensitas hujan yang tinggi menyebabkan sungai dari wilayah utara mengalir deras masuk ke wilayah dua kecamatan tersebut. Durasi hujan yang lama juga mengakibatkan meluapnya sungai. Drainase yang buruk lantaran tertutup sampah membuat air menggenangi permukiman warga.

Banjir yang menggenang kawasan Underpass Padalarang memang tidak terlalu parah. Hal ini dikarenakan dua lajur jalan di underpass tersebut sudah ditinggikan sekitar 10 cm dengan cor semen. Akan tetapi, luapan sungai membuat beberapa titik permukiman warga di Kecamatan Ngamprah maupun Padalarang terendam antara 30 cm sampai 60 cm. ”Kami sudah melakukan pendataan, dan membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam cukup parah,” ucapnya.

Berdasarkan hasil inventarisasi di lapangan, di Kecamatan Padalarang total ada sebanyak 177 rumah terendam. Dari jumlah itu sekitar tiga rumah mengalami kerusakan berat akibat dihantam derasnya air. Banjir juga menggenangi sebuah musala dan masjid. Sementara di Kecamatan Ngamprah, warga yang terdampak sebanyak 102 jiwa atau 34 kepala keluarga (KK).

”Warga yang terdampak sudah diungsikan ke tempat yang aman dan tenda pengungsian yang kami bangun. Tapi banyak peralatan rumah tangga dan elektronik yang tidak sempat terselamatkan,” kata Duddy.



(Sindonews.com)

Banjir Bandang Terjang Underpass Padalarang Ratusan Rumah Terendam Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Kabupaten Bandung Barat KBB


Related Post



Loading...