Ganjar Pranowo Akan Membantu Warganya yang Merantau di Wilayah Zona Merah Virus Korona

Ganjar Pranowo Akan Membantu Warganya yang Merantau di Wilayah Zona Merah Virus Korona
(iNews/Donny Marendra : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 30 Maret 2020 08:41 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, akan membantu warganya yang merantau di wilayah zona merah virus corona, khususnya Jabodetabek. Bantuan disiapkan bila daerah perantauan diisolasi total.

Ganjar mengatakan, saat ini lebih dari 100.000 warga telah pulang ke Jateng, terutama dari wilayah Jabodetabek. Padahal beberapa wilayah itu telah ditetapkan sebagai zona merah Covid-19.

"Jika status isolasi ditetapkan, otomatis seluruh kehidupan keseharian warga jadi tanggung jawab pemerintah setempat, termasuk warga Jateng yang berada di sana," kata Ganjar di Kota Semarang, Jateng, Minggu (29/3/2020).

Usulannya, kata dia, bila warga tidak mudik, pemerintah daerah (pemda) harus siap menjamin kebutuhan hidup masyarakatnya. Kebutuhan anggaran disiapkan bersama-sama.

"Jika warga tidak mudik maka masing-masing provinsi harus ngopeni. Kalau kekurangan atau keberatan, perlu kita iuran," ujar dia.

Menurut Ganjar, harus ada jaring pengaman bersama tanpa membedakan suku maupun wilayah asal. Selain anggaran dari pemerintah, sektor lain yang bisa digerakkan secara optimal untuk mendukung isolasi wilayah.

"Ini bukan hanya urusan Jateng, Jabar, maupun Jakarta, ini urusan kita bersama. Mari kita sharing APBD, filantropis dan lainnya kita gerakkan. Mari kita bersama," kata Ganjar.

Dalam mengatasi persebaran penularan Covid-19 ini, Ganjar telah menyiapkan anggaran Rp1,4 triliun sebagai dana pandemic respons. Anggaran tersebut digunakan untuk mengamankan jaring sosial dan ekonomi. Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Ganjar Pranowo


Loading...