Kota Bogor Siap Lockdown 2 Bulan Jika Diperlukan, tapi Tunggu Jakarta

Kota Bogor Siap Lockdown 2 Bulan Jika Diperlukan, tapi Tunggu Jakarta
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Health —Senin, 30 Maret 2020 08:30 WIB

Terasjabar.id - PEMERINTAH Kota Bogor menyiapkan langkah untuk memberlakukan karantina wilayah untuk menekan persebaran virus korona.

Karantina wilayah ini juga dilakukan menyusul rencana pembahasan pemerintah pusat yang akan menerapkan lockdown di DKI Jakarta.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menegaskan, Pemkot Bogor pada dasarnya telah siap untuk melakukan karantina wilayah atau local lockdown untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Namun, keputusan untuk melakukan karantina wilayah itu baru akan diterapkan jika DKI Jakarta terlebih dahulu memberlakukannya.

"Kita (Pemkot Bogor) intinya siap untuk itu (lockdown). Mau sebulan, dua bulan, kita siap. Tapi itu tidak akan ada artinya kalau DKI tidak melakukan pembatasan-pembatasan yang signifikan," ucap Dedie, dalam video conference, Minggu (29/3).

Dedie tak memungkiri, tingkat ketergantungan Kota dan Kabupaten Bogor dengan DKI Jakarta memang sangat tinggi.

Hal itu, sambung Dedie, terlihat dari koneksi antarwarga di wilayah Jabodetabek termasuk kepadatan arus lalu lintasnya.

Ia menjelaskan, yang menjadi catatan penting adalah DKI Jakarta saat ini menjadi episentrum penyebaran atau perluasan Covid-19.

Sebab itu, kata dia, pemerintah pusat dirasa perlu untuk melakukan pembatasan atau mengkarantina wilayah Jakarta.

"Jadi, saya dengan Ibu Bupati sepakat episentrumnya dulu diberesin. Kota dan Kabupaten Bogor akan menyesuaikan. Artinya, semua langkah harus terpadu semuanya, harus betul-betul kita koordinasikan dengan baik," sebut Dedie.(kompas.com)

(Tribunjabar.id)


Bogor Lockdown Jakarta Virus Corona


Loading...