Kaji Opsi Lockdown Parsial, Bandung Tutup Sejumlah Ruas Jalan

Kaji Opsi Lockdown Parsial, Bandung Tutup Sejumlah Ruas Jalan
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Bandung —Minggu, 29 Maret 2020 16:42 WIB
Terasjabar.id -- Polrestabes Bandung memberlakukan penutupan sementara sejumlah ruas jalan raya di Kota Bandung sejak Minggu, pukul 09.00 WIB. Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur mengatakan penutupan ruas jalan itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

"Dalam rangka menyukseskan kegiatan tersebut (pencegahan virus corona) beberapa ruas jalan di Kota Bandung dilakukan penutupan sementara, atau kami nantinya melakukan sistem buka tutup di beberapa ruas jalan," kata Bayu di Bandung seperti dilaporkan Antara, Minggu (29/3).

Jalan raya yang ditutup itu di antaranya, Jalan Asia Afrika, sejumlah jalan di kawasan Jalan Braga, Jalan Merdeka, Jalan Aceh, Jalan Purnawarman, Jalan Diponegoro, dan Jalan Ir H Djuanda (Dago).

Menurutnya saat ini kasus virus corona di Indonesia sedang meningkat. Dengan diberlakukannya penutupan jalur di sejumlah titik keramaian, ia harap bisa mengurangi penyebaran corona.

"Tidak hanya di Indonesia saja tapi di seluruh dunia, kita berharap Kota Bandung dengan upaya yang dilakukan hari ini bisa mengurangi penyebaran virus corona," kata dia.

Dengan demikian, ia berharap masyarakat bisa terus mendukung upaya penanggulangan virus corona tersebut. Dari sejumlah jalan yang ditutup itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak berpergian jika tidak mendesak.

"Kami mohon dukungan dari masyarakat, mohon kerjasama dari seluruh masyarakat agar tetap tinggal di rumah, ingat tetap tinggal di rumah," kata dia.

Siapkan Lockdown Parsial di Bandung

Pemerintah Kota Bandung membuka opsi melakukan lockdown parsial atau karantina wilayah dalam rangka sosialisasi pencegahan penularan virus corona.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan opsi memberlakukan karantina wilayah saat ini masih didiskusikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung dan jajaran kepolisian serta TNI.

"Sampai hari ini kami tadi rapat dengan Forkopimda, siang ya, kita masih terus memberikan kesadaran pada masyarakat. Insya Allah kalaupun ada lockdown sifatnya parsial," kata Oded, Sabtu (28/3) malam.

Oded menjelaskan, karantina wilayah yang diberlakukan berupa penutupan sejumlah ruas jalan. Hal itu dilakukan agar warga tidak berkerumun atau mendatangi titik-titik keramaian di Kota Bandung.

"Kita diskusi mungkin ada pengaturan jalan-jalan di kota bandung ini untuk ditutup sebagian," katanya.

Pihaknya juga terus menyosialisasikan kepada warga Bandung untuk tetap di rumah selama pandemi corona. Serra mengimbau agar warga tidak mudik.

"Saya mengimbau warga dari luar kota masuk ke Bandung untuk menahan diri termasuk yang di dalam Bandung agar tidak keluar rumah," ujarnya.

(hyg/DAL/CNNIndonesia)

Virus Corona Bandung Dago Asia Afrika Jalan Lockdown Parsial


Loading...