Ditolak Pengelola Krematorium, Jenazah Pasien Positif Corona di Tasikmalaya Akhirnya Dimakamkan

Ditolak Pengelola Krematorium, Jenazah Pasien Positif Corona di Tasikmalaya Akhirnya Dimakamkan
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Health —Minggu, 29 Maret 2020 15:54 WIB

Terasjabar.id - Jenazah pasien positif terinfeksi virus corona yang semula akan dikremasi ditolak pengelola krematorium di Kota Tasikmalaya.

Karena jenazah tak boleh terlalu lama dibiarkan, pihak Pemkot akhirnya menguburkan pasien berusia sekitar 70 tahun itu dengan prosedur pengamanan anti vuris corona.

Juru bicara Tim Krisis Center Covid-19 Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, di Bale Kota, Minggu (29/3) siang, mengungkapkan, sesuai keyakinan yang dianut pasien meninggal tersebut sedianya akan dikremasi.

"Tapi ternyata ada penolakan dari pengelola krematorium. Karena tidak boleh dilama-lama akhirnya dimakamkan di pemakaman Bong, Kawalu," ujar Uus.

Uus menegaskan, sebenarnya pengelola krematorium tidak usah takut, prosedur pemakaman termasuk kremasi memakai prosedur sesusai SOP pemakaman korban virus corona yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Yaitu jenazah harus terbungkus kantung plastik kedap udara, petugas yang memakamkan harus dilengkapi APD serta sarana untuk pemakaman selalu mendapat proses sterilisasi," kata Uus.

Dengan prosedur seperti itu, kecil kemungkinan bahkan tidak mungkin terjadi pemaparan virus corona. "Karenanya warga tidak usah khawatir," ujar Uus.

(Tribunjabar.id)

Virus Corona Tasikmlaya PDP Jenazah Perempuan Jakarta Kasus Covid 19


Loading...