Dokter Tim Persib Bandung Menceritakan Kronologis Wander Luiz yang Terkena Virus Korona, Rafi Ghani Sebut Pemain Persib Bandung Sempat Berlibur

Dokter Tim Persib Bandung Menceritakan Kronologis Wander Luiz yang Terkena Virus Korona, Rafi Ghani Sebut Pemain Persib Bandung Sempat Berlibur
(AyoBandung.com : Google)
Editor: Epenz Hot Persib —Minggu, 29 Maret 2020 07:46 WIB

Terasjabar.id  - Dokter Tim Persib Bandung, Rafi Ghani, menceritakan kronologis salah satu pemainnya yang terkena virus corona.

Rafi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi dan tes kepada beberapa pemain sebelum ada yang dinyatakan positif.

"Saya hanya bersyukur kami sudah melakukan seperti presentasi corona sebelum lawan PSS Sleman. Untuk pemain dan bobotoh, orang-orang di tim pelatih dan ofisial untuk tidak melakukan kontak fisik. Alhamdulillah pertandingan dan langsung dilaukan pemriksaan 12 orang hasilnya negatif semua," ujar Rafi, Jumat (27/3/2020).

"Saya sebetulnya secara global karena sering kontak dan selalu bersama, saya tadinya punya pemikiran insya Allah yang lain negatif," katanya.

Persib sendiri melakukan tes pertama pada 16 Maret oleh Dinas Kesahatan Jawa Barat di Graha Persib, Jalan Sulanjana No 17, Bandung.

Dalam pemeriksaan itu, 10 pemain mengikuti tes dan dua di antaranya adalah official tim serta manajemen PT PBB. Hasilnya, semua pemain dinyatakan negatif corona dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Pelatih Persib, Robert Alberts, meliburkan para pemainnya selama tiga hari sejak pertandingan melawan PSS Sleman.

Selama libur itu, beberapa pemain diketahui pulang ke kampung halamannya dan berlibur.

Untuk meyakinkan para pemainnya tetap sehat sehabis pulang, maka Rafi berinisiatif untuk mengadakan tes kedua pada 26 Maret.

"Pada saat libur ada beberapa yang meninggalkan kota Bandung, saya tidak sebutkan siapa-siapanya  termasuk pelatih. Sekembalinya disana saya ragu, makannya dilakukan lagi pemeriksaan. Selain dalam rangka salah satu persyaratan untuk pemain yang mau pulang ke negaranya. Teryata hasil pemeriksaan tanpa gejala apa-apa ditemukan satu pemain hasilnya positif," katanya.

Meski ada satu pemain yang terpapar virus corona, Rafi yakin bahwa orang yang dimaksud bisa segera sembuh.

Dia juga percaya bahwa para pemain lain yang pernah kontak dengan orang itu tidak akan terpapar.

"Saya yakin ini akan sembuh dengan sendirinya selama bebrapa tahapan bisa dilewati dengan baik," katanya.

"Selama ini pemain juga sudah menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik seperti salaman jaga jarak juga. Dia memang positif, tapi orang-orang yang dekat dia negatif. Tapi tetap kita harus berhati-hati karena ini didalam tim. Tapi saya yakin semuanya sehat. Kita tetap harus melakukan isolasi mandiri kita lihat 14 hari kedepan," katanya.

Disadur dari Tribunjabar.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Persib Bandung Wander Luiz dr M Rafi Ghani


Loading...