Advertisement

BEGINI Cerita Lengkap Kenapa Striker Persib Wander Luiz Sampai Bisa Positif Corona

BEGINI Cerita Lengkap Kenapa Striker Persib Wander Luiz Sampai Bisa Positif Corona
Goal.com
Editor: Malda Hot Persib —Sabtu, 28 Maret 2020 12:27 WIB
Terasjabar.id -- Striker Persib Bandung Wander Luiz yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona disebut memiliki riwayat bepergian ke Bali saat Maung Bandung meliburkan para pemainnya pada pertengahan Maret.

Kepada CNNIndonesia.com Dokter Persib Rafi Ghani mengaku belum mengetahui di mana Wander Luiz terinfeksi Covid-19. Akan tetapi, Rafi menyebut pemain asal Brasil itu pernah berlibur ke Bali saat Persib memberikan libur dua hari usai PSSI menyatakan menghentikan sementara Liga 1 dan Liga 2 2020.

Tidak hanya itu, Rafi juga mengatakan Persib sudah sejak awal Maret mengantisipasi dan melakukan pencegahan penyebaran virus corona ini. Salah satunya melakukan social distancing.

Dalam social distancing tersebut para pemain tidak saja diminta menjaga jarak dengan rekan satu tim, tetapi juga kontak fisik dan tidak banyak berbicara satu dengan yang lain.

Arahan social distancing ini menurut Rafi Ghani juga berlaku untuk bobotoh. Para pemain untuk sementara diharapkan tidak berfoto-foto dengan suporter.

"Saya bersyukur para pemain lain yang dekat dengan Wander Luiz seperti Fabiano tidak terpapar. Saya berkeyakinan tidak ada lagi yang terinfeksi karena social distancing itu kami lakukan sejak Maret," Rafi Ghani.

Berikut kronologi Wander Luiz terinfeksi virus corona:

- Tanggal 15 Maret Persib melawan PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, dan menang 2-1.

- Tanggal 16 PSSI dan PT LIB menunda sementara Liga 1 2020. Persib melakukan tes corona kepada 10 pemain, sekaligus memberikan libur dua hari.

- Tanggal 17 Persib umumkan tes corona pertama. Para pemain Maung Bandung yang ikut dalam tes tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

- Pada tanggal 17 dan 18 Maret, lewat akun Instagram miliknya, Wander Luiz mengunggah foto-foto tengah berlibur di Bali.

"Setelah tes pertama itu seharusnya semua pemain tetap di Bandung. Cuma mungkin waktu itu orang tuanya [Luiz] berada di Bali. Ada juga yang pulang ke Belanda. Hanya saja bukan kapasitas saya melarang mereka ke sana ke sini, saya hanya tenaga medis," ucap Rafi Ghani.

- Persib gelar latihan tertutup pada 19 Maret guna menghindari penyebaran wabah Covid-19.

- Persib menggelar laga uji coba dengan Bandung United di Inspire Arena, Minggu (22/3). Wander Luiz tampil dalam pertandingan itu dan mencetak satu gol.

- Pada saat yang bersamaan, tanggal 22 Maret PSSI resmi menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 hingga waktu yang tidak ditentukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo terkait penyebaran virus corona.

- Maung Bandung meliburkan aktivitas latihan pada Selasa (24/3), dikutip dari situs Persib. Para pemain diperkenankan pulang kampung, termasuk pemain asing.

"Karena keputusan PSSI dalam batas waktu yang tidak ditentukan, untuk beberapa orang dibuatkan program latihan mandiri di rumah. Dari situ ada beberapa pemain yang ingin pulang karena ingin dekat dengan keluarga dan anaknya. Salah satu syarat di bandara, harus ada melampirkan tes Covid-19 yang hasilnya negatif. Kebetulan ada pemeriksaan kedua tanggal 26," kata Rafi Ghani.

- Tanggal 26 Persib melakukan tes corona kedua secara PCR di Graha Persib. Pemain-pemain yang menjalani tes tersebut adalah: Omid Nazari, Geoffrey Castillion, Fabiano Beltrame, dan Wander Luiz. Selain pemain, pelatih Robert Alberts dan Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat, Zaenuri Hasyim juga menjalani tes.

- Hasil tes kedua yang keluar pada 27 Maret menyatakan Wander Luiz positif corona, sedangkan peserta lainnya negatif. Rafi Ghani mengatakan, Luiz terpapar corona tanpa mengalami gejala karena kondisi tubuh, fisik, atau imunitasnya bagus.

- Seluruh pemain Persib saat ini tengah menjalani karantina mandiri selama 14 hari sejak 26 Maret atau usai tes corona kedua. "Karena SOP, saya mengarahkan semua pemain melakukan isolasi mandiri," tutur Rafi.

- Saat ini Wander Luiz tengah menjalani isolasi mandiri dengan segala kebutuhan makanan, peralatan yang diperlukan, dan obat-obatan akan dipasok Persib dengan meminimalkan melakukan kontak. (sry)

Wander Luiz Persib Virus Corona


Related Post



Loading...