Dinyatakan Pulih: Mikel Arteta Akui Rindu Peluk Orang Terkasih, Takut Tularkan Virus

Dinyatakan Pulih: Mikel Arteta Akui Rindu Peluk Orang Terkasih, Takut Tularkan Virus
BBC
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 28 Maret 2020 10:43 WIB

Terasjabar.id - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menilai pandemi virus corona mengubah semua rutinitas masyarakat, termasuk soal berhubungan sosial.

Arteta yang kini telah dinyatakan pulih dari virus corona mengatakan pandemi ini membuat orang-orang tidak bisa saling bertemu untuk memutus penularan virus corona.

Mikel Arteta sebelumnya dinyatakan terinfeksi virus corona pada Jumat (13/3/2020) lalu dan melakukan isolasi diri hingga dinyatakan sembuh.

Pelatih asal Spanyol itu pun mengatakan betapa berartinya bisa bertemu secara langsung oleh semua orang terdekat sebelum pandemi ini mengubah dunia.

"Sekarang kita berada di dunia yang sama dengan media sosial. Semuanya hanya bisa dilakukan via teks whatsapp," kata Mikel Arteta yang dilansir dari BBC.

"Seberapa penting bertemu dan saling berpelukan? Saya merindukan melakukan semua hal itu dengan orang yang saya cintai," tutur dia.

Pelatih 38 tahun itu pun menyampaikan pesan menyentuh bagi semua pihak di tengah penantian berakhirnya pandemi ini.

"Itu adalah virus yang mengubah segalanya dalam hidup kita. Jadi kita harus mengambil pelajaran dari ini semua," ucap Arteta.

"Kita harus lebih terbuka secara emosional. Kita harus saling memberi tahu orang lain tentang apa yang kita rasakan.'

Sementara itu, Arteta mengatakan prioritasnya saat terinfeksi yakni berusaha agar anak-anaknya tidak tertular.

"Setelah saya dinyatakan positif, saya mulai berpikir tentang orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan saya. Saat itulah ketakutan mulai datang," kata Mikel Arteta.

"Kesulitannya adalah saya tidak tinggal sendirian di rumah. Ada anak-anak dan saya khawatir."

"Istri dan pengasuh saya sudah sembuh. Syukurlah anak-anak tidak tertular. Kami semua baik-baik saja sekarang," ucap Arteta melanjutkan.

Di sisi lain, para pemain Arsenal dijadwalkan latihan dan melapor pada Selasa (23/3/2020) setelah menyelesaikan isolasi selama lebih kurang dua minggu.

Namun, tampaknya jadwal lapor pemain Arsenal itu akan ditunda.

"Sebagai akibat dari situasi saat ini, kami jelas tidak pantas dan tidak bertanggung jawab untuk meminta pemain kembali," tulis pernyataan resmi Arsenal.

"Karena itu tim utama laki-laki, perempuan, dan pemain akademi semua tetap di rumah dan selamatkan nyawa."

Akibat dari virus corona, Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, kini tengah ditunda. Kabar terbaru, Premier League akan dilanjutkan pada 30 April mendatang.

Mikel Arteta Ungkap Ketakutannya Tularkan Virus Corona ke Tim Arsenal

Mikel Arteta, mengaku merasa khawatir dirinya bisa menulari orang lain setelah dinyatakan positif Covid-19.

Mikel Arteta kini dikabarkan telah membaik usai dirinya terinfeksi virus corona pada Kamis (12/3/2020) lalu.

Melansir Sportskeeda, Arteta mengakui ketakutan dan kekhawatirannya soal orang-orang terdekatnya yang kemungkinan bisa tertular virus corona, termasuk skuad Arsenal.

"Setelah saya dinyatakan positif, saya mulai berpikir tentang orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan saya. Saat itulah ketakutan mulai datang," kata Mikel Arteta.

"Kesulitannya adalah saya tidak tinggal sendirian di rumah. Ada anak-anak dan saya khawatir. Istri dan pengasuh saya sudah sembuh. Syukurlah anak-anak tidak tertular. Kami semua baik-baik saja sekarang," ucap Arteta melanjutkan.

Pelatih yang juga mantan pemain Arsenal itu pun menceritakan kronologi hingga dirinya dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

"Saya mulai memiliki beberapa gejala ketika klub menghubungi untuk memberi tahu bahwa kami mungkin saja tertular virus dari pemilik Olympiakos," kata Arteta.

"Saya mengadakan pertemuan dengan beberapa petinggi klub dan mengatakan bahwa saya merasakan gejala virus ini. Jadi jika itu masalahnya semua orang yang melakukan kontak dengan saya bisa tertular. Jadi kami saat itu berbicara dengan Liga Inggris dan Man City untuk membuat keputusan secepatnya," katanya melanjutkan.

Mikel Arteta merasa dirinya perlu melakukan tes setelah Arsenal berhadapan dengan Olympiakos dalam lanjutan laga Liga Europa.

Setelah laga itu, pemilik Olympiakos, Evangelos Marinakis, dinyatakan terinfeksi virus corona.

Sementara itu, Liga Inggris masih dalam masa penangguhan hingga 30 April mendatang.

Sebelum diperpanjang, laga-laga Premier League dan tiga divisi di bawahnya telah ditunda hingga 4 April 2020.

Langkah tersebut diambil setelah pihak penyelenggara Premier League dan Football League (EFL) mengadakan pertemuan darurat pada Jumat (13/3/2020) pagi waktu setempat.

Mereka memutuskan untuk menggelar pertemuan darurat setelah virus corona mulai menyerang salah satu pelaku sepak bola Inggris, Mikel Arteta. (Kompas.com)


Virus Corona Mikel Arteta Arsenal


Loading...