Kronologi Lengkap Petinggi PDIP Jabar Meninggal Diduga Terinfeksi Corona, Sempat Stop Jantung 2 Kali

Kronologi Lengkap Petinggi PDIP Jabar Meninggal Diduga Terinfeksi Corona, Sempat Stop Jantung 2 Kali
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 28 Maret 2020 10:26 WIB

Terasjabar.id - Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ir H Gatot Tjahjono MM meninggal dunia di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung pada pukul 22.20 WIB, Jumat (27/3/2020).

Kabar meninggalnya Gatot Tjahjono itu dikonfirmasi Wakil Ketua DPD PDIP Jabar Abdi Yuhana yang mengaku mendapat telepon dari pihak keluarga sahabatnya tersebut.

"Pak Gatot sudah meninggal dunia. Baru saja keluarganya menelpon saya, mengabarkan itu. Setelah putrinya datang, Pak Gatot meninggal dunia," tegas Abdi Yuhana dihubungi TribunJabar (grup TribunJakarta).

Sementara itu, Adyesa Kevindra Albari selaku perwakilan keluarga menuturkan kronologi lengkap petinggi PDIP Jawa Barat itu menghembuskan nafas terakhirnya.

Adyesa Kevindra Albari menilai, kondisi kesehatan Gatot Tjahjono mulai menurun pada 16 Maret 2020 lalu.

Diagnosa awal, Gatot Tjahjono mengalami demam berdarah atau tifus dan sempat dirawat di RS Santo Borromeus, Bandung.

"Hari berganti hari, Papa pun berangsur membaik dengan trombosit naik, nafsu makan membaik walaupun demamnya tidak turun-turun," ujar Adyesa Kevindra Albari.

Gatot Tjahjono
Gatot Tjahjono (instagram @dpcpdiperjuangan.kng)

Adyesa menjelaskan, Gatot Tjahjono lantas menjalani pemeriksaan CT scan dan mendapatkan diagnosis kemungkinan terjangkit virus corona atau Covid-19.

"Setelah kami berdiskusi oleh banyak pihak, malam itu juga kami pindahkan ke RSHS," tegas Adyes Kevindra Albari.

Selama dirawat, lanjut Adyesa, Gatot Tjahjono yang pernah menjadi anggota DPRD Jabar periode 2014-2019 itu sempat dua kali mengalami setop jantung.

Bahkan, dua kali pula pihak keluarga menerima informasi bahwa Gatot telah meninggal dunia.

"Tetapi di hari ini, perjuangan pun harus menemui waktu terakhirnya. Ayah kami pun terpaksa menyerah dengan segala penyakit yang ada."

"Kami semua, keluarga, dukungan para dokter, teman dan sahabat telah berusaha dan berikhtiar untuk melakukan berbagai macam pengobatan untuk kesembuhan Beliau. Akan tetapi Allah menghendaki lain," tegas Adyesa.

Adyesa Kevindra Albari memaparkan, saat ini pihak keluarga telah menjalani tes Covid-19. Hasilnya, beberapa keluarganya dinyatakan positif. Proses isolasi mandiri pun telah dilakukan.

"Atas bantuan dari Bapak Gubernur dan berbagai pihak kami juga sudah melakukan tes Covid-19 melalui Dinas Kesehatan Jabar dan hasilnya di dalam keluarga kami ada yang positif ada yang negatif. Berdasarkan anjuran dokter spesialis, kami langsung melakukan isolasi mandiri," ujar Adyesa Kevindra Albari.

Adyesa Kevindra Albari menyatakan, keluarganya saat ini dalam kondisi baik. Beberapa di antaranya bahkan telah melewati masa inkubasi selama dua pekan.

PDIP Berduka Cita

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengatakan, meninggalnya Gatot menjadi kehilangan besar bagi PDI Perjuangan.

Ono mengungkapkan, semasa hidupnya, Gatot adalah kader yang sangat baik, pekerja keras, serta mampu mengayomi para kader muda.

"PDI Perjuangan merasa kehilangan. Semoga Beliau husnul khotimah, mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Amin," kata Ono.

Sempat jadi peserta HIPMI

Gatot Tjahjono, Mantan Anggota DPRD Jabar 2014-2019 Fraksi PDIP, merupakan salah seorang peserta acara HIPMI.

Dari acara tersebut sejumlah pejabat dinyatakan positif Covid-19.

Dua pejabat yang positif corona adalah Bupati Karawang Cellca Nurrachdiana dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Yana Mulyana setelah menjalani masa isolasi dan perawatan kini sudah dinyatakan sembuh dari virus corona.

Di grup-grup WhatsApp beredar ucapan belasungkawa atas meninggalnya Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ir H Gatot Tjahjono.

Di media sosial Instagram juga sudah ada yang memasang ucapan duka cita.

Instagram akun DPC PDIP Kabupaten Kuningan memasang gambar Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ir H Gatot Tjahjono dan ucapan bela sungkawa.

"DPC PDI Perjuangan Kab. Kuningan turut berduka cita atas meninggalnya Ir. H. Gatot Tjahjono, MM. Semoga Amal Ibadahnya di terima Allah SWT, dan Keluarga yang di tinggalkan diberi ketabahan... Amin.."


(tribunjakarta/tribunjabar/kompas)



Virus Corona PDIP Jawa Barat Gatot Tjahjono


Loading...