Warga Kabupaten Rembang Dinyatakan Positif Virus Korona, Diketahu Baru Pulang Merantau dari Bali

Warga Kabupaten Rembang Dinyatakan Positif Virus Korona, Diketahu Baru Pulang Merantau dari Bali
(Bali Express : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 27 Maret 2020 07:53 WIB

Terasjabar.id - Warga Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng) dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Dia diketahui baru pulang merantau dari Bali.

Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang pun langsung melakukan tracing. Bagi warga pernah berhubungan dengan pasien tersebut diminta untuk melapor.

"Saat ini, tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang sudah bergerak melakukan penelusuran, termasuk penyelidikan epidiomologi tentang riwayat asal usul penyakit yang dialami warga Rembang yang dinyatakan positif Covid-19 itu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofii di Rembang, Kamis (26/3/2020).

Dia mengingatkan, bagi warga yang sebelumnya pernah kontak langsung tetapi tidak sakit diharapkan bersedia mengisolasi mandiri selama 14. Mereka dianjurkan tidak beraktivitas di luar rumah.

"Jika dalam perjalanan muncul gejala, segera periksa ke dokter terdekat untuk dicek apakah memang perlu pengobatan lanjutan atau tidak," ujarnya.

Petugas dari puskesmas setempat juga akan monitoring terhadap warga yang diperkirakan pernah berhubungan langsung atau pernah satu ruang perawatan, termasuk dokter yang pertama menangani pasien tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pasien tersebut awalnya pulang dari tempat perantauan dari Bali, pada 15 Maret 2020 tiba di Rembang. Karena mengeluhkan sakit dengan gejala mirip terpapar virus corona, pasien tersebut berobat ke dokter praktik pada 17 Maret 2020, kemudian dirujuk ke RSUD Dr R Soetrasno Rembang.

"Dari pihak RSUD Soetrasno Rembang, langsung dirujuk ke Rumah Sakit Wongsonegara Semarang," ujarnya.

Sebelumnya, orang tersebut termasuk pasien dalam pengawasan (PDP) kemudian naik statusnya menjadi terkorfirmasi positif Covid-19.

"Saat ini masih dirawat di Semarang," ucapnya.

Hingga kini, jumlah warga Rembang yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 65 orang, sedangkan satu PDP dinyatakan sembuh.

Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Kabupaten Rembang Jawa Tengah


Loading...