H Yayan : Salat Jumat Di Masjid Agung Syiarul Islam Sementara Diliburkan

H Yayan : Salat Jumat Di Masjid Agung Syiarul Islam Sementara Diliburkan
Saf jamaah masjid yang biasanya penuh, kini safnya mulai berkurang, bahkan tanpa karpet, seperti di masjid Agung Syiarul Islam Kota Kuninga
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 26 Maret 2020 18:26 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Syiarul Islam Kota Kuningan untuk sementara tidak menyelenggarakan Salat Jumat sampai situasi kondusif dan aman dari merebak-nya wabah Covid-19.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan dalam ruangan

(Saf jamaah masjid yang biasanya penuh, kini safnya mulai berkurang, bahkan tanpa karpet, seperti di masjid Agung Syiarul Islam Kota Kuningan)


Hal itu dikemukakan Ketua DKM masjid Agung Syiarul Islam Kota Kuningan Drs H Yayan sopyan, MM saat dikonfirmasi Kamis (26/3-2020), terkait pencegahan dan penyebaran Covid-19.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, lensa kaca mata dan pakaian

(Drs H Yayan Sofyan,MM Ketua Masjid Agung Syiarul Islam Kota Kuningan)


Tidak diselenggarakannya salat Jumat tersebut, kata H Yayan mengacu pada surat edaran Bupati Kuningan nomor 45/21981/Kesra.17/2020 tentang kewaspadaan dilingkungan temoat ibadah dan lembaga pendifikan. Selain itu sesuai fatwa MUI nomor 14/2020 tentag penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah Covid-19. Menyusul Maklumat Kapolri nomor.Mak/2/III-2020 tanggal 19/3-2020 tentang, Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Covid-19.


Pekan lalu salat Jumat masih berjalan, pengajiaan taklim libur dan berjamaah masih tetap tapi diminimalisir, ujarnya. Kami belum punya alat pendeteksi suhu
untuk melindungi jamaah, ujar H Yayan. Kami selalu mengikuti perkembangan dari pemerintah dan mencegah harus lebih didahulukan dan mengambil kemanfaataan, tuturnya.


Sementara itu, pangajian majlis taklim sejak pekan lalu sudah diliburkan sementara. Semoga saja kegiatan beribadah ini kembali normal seperti biasa, terlebih menjelang bulan suci ramadhan yang tinggal menghitung hari, pungkasnya.


Hal yang sama dilakukan di DKM-DKM desa maupun kelurahan. Kami akan mengikuti kebijakan DKM Syiarul Islam, tutur Apon Saprudin ketua DKM Al'Jihad
Cigugur.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, topi dan dekat

(Ketua DKM Al-Jihad Kelurahan Cigugur Apon Saprudin)


Untuk antisipasi penyebaran Covid-19 karpet masjid pun dibersihkan kemudian diamankan digudang. Kepada jamaah yang akan salat di masjid dianjurkan membawa sajadah masing-masing, imbuh Apon Saprudin.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, luar ruangan

(Jamaah masjid Al'Islah Kpr BTN Cigugur Kuningan saat kerja bakti membersihkan ruangan dan halaman masjid difoto bersama)


Kegiatan serupa dilakukan juga di Masjid Al'Islah Kpr BTN Cigugur, ujar H Mulyadi ketua DKM Al'Islah saat mengadakan Kebersihan masjid bersama jamaah setempat.

(H WAWAN JR)

Virus Korona Wabah Virus Korona Masjid Agung Syiarul Islam Kota Kuningan


Loading...