Pemprov Aceh Melaporkan Kasus Pertama Positif Virus Korona di Wilayahnya

Pemprov Aceh Melaporkan Kasus Pertama Positif Virus Korona di Wilayahnya
(antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 26 Maret 2020 14:19 WIB

Terasjabar.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh melaporkan kasus pertama positif corona di wilayahnya. Pasien laki-laki berusia 56 tahun dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh, Senin (23/3/2020) dinyatakan positif Covid-19.

Direktur RSUD Zainoel Abidin dr Azharuddin mengatakan, pihaknya baru mendapatkan laporan hasil tes swab pasien tersebut dari Balitbangkes, Kamis pagi (26/3/2020) pagi tadi.

“Benar positif corona. Tadi pagi pukul 06.45 WIB posko resmi dari Jakarta di Balitbangkes menyampaikan kepada kami,” kata Azharuddin di Banda Aceh, dikutip dari Antara, Kamis (26/3/2020).

Dia mengatakan, PDP dari Lhokseumawe yang meninggal dunia pada Senin (23/3/2020) tersebut merupakan kasus positif Covid-19 pertama di Provinsi Aceh. Pasien laki-laki yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona tersebut punya riwayat perjalanan ke Surabaya dan Bogor, daerah yang melaporkan penularan Covid-19.

Selain itu, pasien tersebut menurut hasil diagnosis terakhir mengalami infeksi paru-paru.

“Jadi ini kasus pertama positif (Covid-19) untuk Aceh dan menjadi keprihatinan untuk kita semua. Kita harus prihatin, tapi kita tidak boleh panik dan kita harus waspada lebih tinggi lagi,” kata Azharuddin.

Azharuddin menjelaskan, dokter, perawat, dan tenaga medis lain yang menangani pasien positif Covid-19 telah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing.

“Sudah kami istirahatkan dulu selama dua minggu, off dulu,” katanya.

Disadur dari iNews.id

Pemprov Aceh Virus Korona Wabah Virus Korona


Loading...