Advertisement

Alat Tes Cepat Covid-19 Tak Semudah yang Dibayangkan, Hingga Pola Pengumpulan Massa Dikritik

Alat Tes Cepat Covid-19 Tak Semudah yang Dibayangkan, Hingga Pola Pengumpulan Massa Dikritik
Tribunjakarta.com
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 26 Maret 2020 08:44 WIB

Terasjabar.id - Tes cepat massal Covid-19 di Kota Bekasi mulai dilakukan, kegiatan tes dipusatkan di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Rabu, (25/3/2020).

Pantauan TribunJakarta.com, suasana tes cepat massal cukup ramai dipadati warga yang merupakan latar belakang tenaga medis dari sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Bekasi.

Mereka datang sejak pagi hari, lokasi tes berada di dalam stadion yang dipusatkan dekat area joging lapangan.

Petugas yang melakukan tes berjajar dengan alat tes cepat yang sudah disiapkan, satu per satu peserta tes diambil sampel darahnya dengan cara disuntik.

Jumlah peserta tes yang cukup banyak membuat suasana sedikit riuh, mereka juga terlihat tidak terkendali dan berkerumun ketika menunggu proses tes.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, proeses tes cepat dilakukan di beberapa titik dan pola.

"Sekarang ini kita ambil tes yang pertama adalah tim kesehatan kita, jadi kalau nanti didata ada OPD (orang dalam pemantauan) dan PDP (Pasien dan Pemantauan) dia kita pisahkan," kata Rahmat di Stadion Patriot.

Selain di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, tes cepat juga akan dilakukan di RSUD Kota Bekasi, door too doot ke rumah warga dan ke kantor instansi seperti Polres dan Kodim.

"Kita punya tim kesehatan yang nanti akan dikirim ke tempat-tempat yang terduga yang terjadi interaksi ketempat-tempat yang memang sudah kita susun sedemikian rupa dari 15 positif , dari sekitar 240 yang dinyatakan ODP dan PDP," jelas dia.

Peserta tes yang hadir merupakan dari 12 kecamatan di Kota Bekasi, prosesnya ditargetkan selesai hari ini dan dilanjut untuk melakukan tes di RSUD dan door to door.

"Kalau olres dan RSUD, Kodim itu belakangan setelah ini, kita utamakan masyarakat dulu kita ambil samplingnya di 12 kecamatan di 56 kelurahan hari Sabtu pagi saya harus sudah laporkan ke pak Gubernur," tegas dia.

Alat Tes Cepat Covid-19 Tidak Semudah yang Dibayangkan

Tes cepat massal Covid-19 dilakukan di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu, (24/3/2020).

Proses tes cepat ini dilakukan dengan mengumpulkan peserta tes di satu lokasi yang sama, mereka merupakan warga berlatar belakang pekerja medis.

Pola seperti ini tentu membuat jarak antar peserta kian dekat, kerumanan massa juga tidak jarang sulit terkendali.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi sempat berulang kali mengingatkan seluruh peserta agar tetap menjaga jarak dan tidak berumun.

"Ayo jangan bergerombol satu meter satu meter ingat," kata Rahmat melalui pengeras suara saat memnatau langsung proses tes cepat.

Dia menjelaskan, Kota Bekasi merupakan daerah paling banyak mendapatkan jatah alat kit tes cepat Covid-19 di Jawa Barat yang didistribusikan Gubernur Ridwan Kamil.

"Saya jelaskan Alhamdulilah kemarin saya jam 1 menerima 2.000 rapid tes dari Pak Gubernur, Pak Gubernur menjelaskan secara gamblang alat itu digunakan dengan begitu mudahnya," ungkap Rahmat.

Tetapi ketika dia melihat langsung alat tes cepat, penggunaannya tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan dia perlu berkonsultasi dengan dokter RSUD Kota Bekasi dan Dinas Kesehatan terkait pola pelaksaan tes cepat.

"Tetapi ketika saya sampai di rumah saya panggil tim kesehatan semua, ternyata tidak semudah yang digambarkan Pak Gubernur," ujarnya.

Alat tes cepat itu ternyata perlu dilengkapi alat penunjang lain berupa jarum dan tabung untuk sampel darah yang diambil.

"Setelah saya konfirmasi itu membutuhkan jarum untuk ambil vena untuk masuk ke alat rapid itu, itulah yang nanti menentukan, jadi bukan ditusuk di sini ternyata seperti orang tes kehamilan," tegasnya.

Sampel darah yang sudah diambil itu kemudian diuji menggunakan alat tes, dari situ baru dapat dilihat apakah terdapat indikasi peserta tes positif Covid-19 atau tidak.

Tes Cepat Door To Door

Tes cepat Covid-19 mulai dilakukan di Kota Bekasi, terdapat beberapa pola yang ditapkan dalam proses pengetasan diantaranya, tes massal di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi dan pola door to door, Rabu, (25/3/2020).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, mengatakan, tes cepat yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi diperuntukkan bagi para pekerja medis yang berada di Kota Bekasi.

Sementara untuk pola door to door ke rumah-rumah warga merupakan untuk mereka yang sudah terdata dan memiliki indikasi kontak dengan orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), serta pasien positif Covid-19.

"Jumlah mereka (pekerja medis) ada 365 ternasuk petugas kecamatan, mereka pagi ini dilakukan tes di Stadion Patriot, sebelum nanti dilepas ke rumah-rumah warga yang sudah terdata," kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan, tes massal di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi hari ini sekaligus sebagai simulasi bagi para petugas medis yang nanti akan diterjunkan melakukan tes Covid-19 ke rumah warga.

"Ini sekaligus orientasi bagi mereka dilapangan, di orang per orang nanti (door to door) yang kita turunkan adalah analisi, dia yang ambil darahnya, tentunya ada dua orang pembantu di tim kesehatan, jadi tiga orang dalam satu titik," paparnya.

Dia menjelaskan, dalam proses tes Covid-19 ke rumah-rumah door to door, petugas tetap akan menggunakan alat pelindung diri lengkap.

"Kita tes ambil darah lalu diuji menggunakan alat, jika positif akan kita lakukan tindakan, tapi kalau yang negatif akan kita umumkan," tegas dia.

Pria yang akrab disapa Pepen menargerkan, proses tes cepat door too door dapat rampung besok sebelum jam 12 siang.

"Mudah-mudahan hari ini hingga besok pagi sebelum jam 12 sudah selesai, sisanya yang dites adalah mereka-mereka yang bekerja sering berinterkasi dengan masyarakat,' tegas dia.

Orang-orang yang Berhak Dilakukan Tes Cepat

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menegaskan, tes cepat Covid-19 bukan untuk masyarakat umum. Terdapat kriteria warga yang berhak dites dan dimasukkan dalam sampel pengujian penyebaran virus corona.

Tes cepat Covid-19 mulai dilakukan hari ini di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, lokasi ini menjadi tempat tes bagi para pekerja medis dan petugas yang nanti akan diterjunkan ke rumah-rumah warga untuk melakukan tes door to door.

"Kita ada 2000 alat kit yanh diberikan dari Povinsi Jawa Barat untuk di Kota Bekasi, jumlah ini kita bagi berdasarkan kriteria orang-orang yang berhak dilakukan tes," kata Rahmat di Stadion Patriot, Rabu, (25/3/2020).

Dia menjelaskan, petugas medis yang dilakukan tes cepat sebanyak 365 orang, kemudian untuk katagori lain yakni, orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) serta orang-orang yang berkontak langsung dengan pasien positif sebanyak 770 orang.

"Yang door too door itu ada 770 orang akan didatangi, mereka tersebar di 8 kecamatan di Kota Bekasi," jelas dia.

Dia menegaskan, tes Covid-19 ini tidak diperuntukkan bagi semua orang, katagori lain yang akan dites ialah para pekerja di perangkat kelurahan kecamatan serta, petugas kepolisian dan TNI yang memiliki intesitas kontak dengan masyarakat cukup tinggi.

"Nah makanya, tes ini bukan untuk semua orang, tes ini untuk melacak yang tadi itu 770 dan mengambil sampel 50 orang dari 12 kecamatan

"Saya targetkan Jumat sore sudah selesai termasuk temen-teman Muspida yang sekarang ini sering giatgiatnya ke masyarakat, camat lurah dan lain-lain, karena sabtu pagi saya harus bawa ke Bandung (hasil tes)," tegas dia.

Dikritik Peserta Tes

Tes cepat massal Covid-19 mulai dilakukan di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu, (25/3/2020).

Tes cepat di lokasi ini dikhususkan bagi petugas medis yang bekerja di garda terdepan menangangi pasien di rumah sakit maupun di puskemas yang ada di Kota Bekasi.

Terdapat 365 peserta tes cepat yang hadir di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, mereka semua menjalani tes yang terpusat di area joging lapangan sepak bola tersebut.

Kondisi ini rupanya tidak sesuai dengan arahan saling jaga jarak yang belakangan digaungkan terkait antisipasi penyebaran Covid-19.

Beberapa peserta nampak berkerumun sambil antre namanya dipanggil untuk dilakukan tes berupa pengambilan sampel darah oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Parahnya lagi, kerumunan juga nampak ketika beberapa petugas hendak dibagi-bagikan konsumsi makan siang.

Mereka tanpa sadar tidak mengindahkan anjuran jaga jarak guna menghidari kontak langsung antar sesama.

Hal ini juga disayangkan seorang peserta tes yang berprpfesi sebagai dokter di salah satu rumah sakit swasta di Kota Bekasi.

Wanita yang hanya ingin disebut W ini mengatakan sangat kecewa dengan pola pelaksaan tes cepat massal yang dilakukan Pemerintah Kota Bekasi.

"Jujur saya benar-benar kecewa banget, pak Ridwan Kamil ini bagaimana pak, kok mengumpulkan massa, bukannya anjuran pemerintah itu tidak boleh mengumpulkan massa, karena ini semuanya tenaga medis," kata wanita berinisial W saat dijumpai di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi.

Dia menjelaskan, awalnya dia mendapat kabar akan dilakukan tes cepat Covid-19 dengan pola drive thru.

Tetapi ketika dia datang, seluruh peserta justru dikumpulkan di lokasi yang sama. Padahal kata dia, seluruh petugas medis yang menjadi peserta punya potensi tertular atau menularkan.

"Kami semua beresiko menularkan. Satu aja yang positif, otomatis semua di stadion hari ini yang datang kemungkinan bisa positif corona, saya harap kedepannya bisa diperbaiki sistemnya," tegas dia.

Sebagai dokter, dia mengaku cukup menyesal ketika mengetahui sistem tes cepat massal yang dilakukan di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi.

"Kalau begini namanya kita membantu menyebar luaskan. Jadi saya harap itu kita bisa tiru lah pemerintah Korea bagaimana mereka menangani corona, saya jujur saya sangat menyesal sekali datang hari ini, tapi apa mau dikata yaudah," terangnya.

Adapun untuk hasil tes yang sudah dilakukan belum dapat dilabarkan hari ini juga. Dia mengaku sampel darah yang sudah diambil akan uji menggu akan alat khusus yang dapat mendekteksi corona.

Tes Cepat Covid-19 di Kota Bekasi selain di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi bakal dilakukan secara door to door ke rumah warga yang masuk ke dalam kriteria tes.

Mereka yang masuk kriteria adalah, orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), orang-orang yang berkontak langsung dengan pasien positif, serta 50 sampel tiap kecamatan dan pekerja yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

(Tribunjakarta.com)


Virus Corona Bekasi Rapid Test Stadion Kota Bekasi Door To Door Kantor Pekerjaan


Related Post



Loading...